Dede Yusuf Minta Dua Pemda di Bandung Ini Tegakkan Aturan Jalan Bagi Kendaraan Berat

Dede Yusuf
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi. (Foto: Detik.com).

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi meminta pemerintah daerah di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat untuk tegas menegakkan aturan soal penggunaan jalan.

Dede mengatakan bahwa rata-rata jalan rusak di Indonesia, termasuk di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat karena kendaraan yang melintas melebihi beban yang sanggup diterima konstruksi jalan.

Baca Juga:  Pakai Kostum Seram di Hari Halloween, Dian Sastro Malah Disebut Cantik Netizen

“Ini pengalaman saya di pemerintahan, ada satu daerah yang tiap tahun jalannya rusak karena banyak truk berisi tanah dan batu yang muatannya mencapai 30 ton lewat di jalan yang hanya untuk 10 ton akhirnya terus melakukan peremajaan dan warga yang dirugikan karena kelakuan orang tak bertanggung jawab untuk kepentingannya sehingga harus diberlakukan aturan tegas dengan sanksinya,” kata Dede, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ungkap Alasan Nahdlatul Ulama Bisa Tarik Hati Umat Islam di Jabar

Dia menjelaskan, aturan dan sanksi yang tegas harus diterapkan pemerintah daerah, yakni truk atau kendaraan yang bermuatan melebihi kapasitas tidak boleh melewati jalan umum yang ditentukan, tetapi harus melewati jalan yang disiapkan.

Baca Juga:  Selama Libur Lebaran, sebanyak 238 Ribu Warga Berwisata Ke Purwakarta

Dengan penegakan aturan yang tegas, lanjut Dede, maka akan memaksa pihak-pihak seperti pengembang mawas diri dan memperhitungkan kemampuan jalan.