Diguyur Hujan Deras, Dua Desa di Sergai Terendam Banjir

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara sejak Kamis (11/6/2020) dinihari mengakibatkan terendamnya areal persawahan dan rumah penduduk.

Camat Sei Bamban J Gultom pada jabarnews.com mengatakan, ada dua desa di Kecamatan Sei Bamban terendam banjir yaitu Desa Bakaran Batu dan Desa Sei Belutu. Selain itu banjir merendam 11 rumah dan puluhan hektar padi baru tanam terendam banjir.

Baca Juga:  Menteri Keuangan Sri Mulyani Hadir di Pembukaan Kongres Kedua AMSl

“Ada puluhan hektar padi baru tanam dan 11 rumah terendam banjir. Bahkan ketinggian debit air mencapai 30 centimeter,” katanya.

Ia menjelaskan, di Desa Bakaran Baru ada 5 rumah dan puluhan hektar padi terendam banjir. Sedangkan Desa Sei Belutu ada 6 rumah dan puluhan hektar padi terendam dengan ketinggian 15 centimeter.

Baca Juga:  Pemkot Cirebon Akui Surat Sakti SKIM Banyak Diburu Perantau

“Sampai saat ini seluruh Kepala Desa memantau dan mendata jumlah rumah terdampak banjir,” ungkap J Gultom.

Dikatakan J Gultom, banjir terjadi akibat hujan deras dan meluapnya sungai Belutu. Selain itu tidak berfungsinya drainase secara maksimal membuat air hujan bertahan sehingga menimbulkan banjir.

Baca Juga:  Kementerian Pertanian Tingkatkan Infrastruktur dan SDM di Tahun 2020

“Banjir disebabkan hujan deras dan tidak maksimalnya drainase,” paparnya.

Masih kata J Gultom, Bupati Serdang Bedagai Soekirman sudah perintahkan seluruh jajaran Kepala Desa dan masyarakat di Kecamatan Sei Bamban agar melakukan gotong royong sehingga tidak terjadi banjir kembali apabila hujan deras.

“Sudah ada perintah Bupati agar dilakukan gotong royong untuk membersihkan drainase,” bilangnya. (ptr)