Disparbud Jabar dan Kopassus Bakal Bangun Monumen Sangkur Komando di Puncak Lalana

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat dan Kopassus bakal membangun Monumen Sangkur Komando di Puncak Lalana Gunung Karst, Ciampea, Bogor. Menurut Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik, pembahasan teknis sudah dilakukan bersama Komandan Jenderal Kopassus Mohammad Hasan pada Kamis (4/2/2021).

“Ciampea ini bagian dari kawasan Geopark Pongkor, jadi ada 131.000 hektar, dan memiliki keindahan alam yang potensial,” kata Dedi, Minggu (7/2/2021).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Pertimbangkan Terbitkan Perppu KPK

Dia menjelaskan, ada beberapa catatan yang harus dikolaborasikan dan didesain agar tidak mengganggu bebatuan di Puncak Lalana yang umurnya sudah jutaan tahun. Dedi menyebut bahwa pembangunan tersebut tinggal menunggu regulasi dan teknis.

“Harapannya mudah-mudahan kolaborasi dan sinergitas yang digagas pak Danjen ini sudah bersatu dengan sistem pentahelix. Tinggal kita dari sisi regulasi dan teknis kita harus support,” jelasnya.

Baca Juga:  Waduh! Garut Tambah Lima Kasus Positif Covid-19

Sementara itu, Danjen Kopassus Mohammad Hasan menyampaikan bahwa potensi wisata di Ciampea ini sangat besar. Dirinya berharap, bisa mengembangkan pariwisata di Kabupaten Bogor agar dapat dinikmati banyak orang.

Baca Juga:  Preanger Fest, Musik Akbar dengan 40 Artis dan 3 Panggung

Selain itu, Hasan juga berharap dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Bogor ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Ini tentunya diharapkan bisa membantu Kabupaten Bogor dalam pengembangan pariwisatanya dan Jawa Barat pada umumnya sehingga kita mempunyai beberapa tempat yang bisa menghasilkan dampak ekonomi pada masyarakat serta memberikan keindahan pada semuanya,” tutupnya. (Red)