Gempa Bumi Magnitudo 4.0 Guncang Nias Utara, Dirasakan Masyarakat Lahewa

JABARNEWS I NIAS UTARA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi bermagnitudo 4.0 di Kabupaten Nias Utara, Selasa (20/7/2021) pada pukul 10.34 WIB.

Data analisis BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.33 Lintang Utara dan 97.03 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km arah Barat Daya, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 20 km.

Baca Juga:  Sering Pakai Masker Wajah? Sebaiknya Baca Ini Dulu

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, parameter gempa tektonik berada di laut, tepatnya di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat dan tidak berpotensi tsunami.

“Pusat gempa di laut dan tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Kata dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca Juga:  Ungkap Kasus Dana Hibah KONI KBB, Polisi Periksa Pejabat Bandung Barat Ini

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Nias Utara, Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ungkap Hartarto.

Baca Juga:  Ketua DPR Janji RUU KUHP Rampung 17 Agustus

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Nias utara, Herman Zebua SPd mengatakan, gempa bumi magnitudo 4.0, getaran gempa dirasakan masyarakat Kecamatan Lahewa, namun tidak berpotensi tsunami.

“Getaran gempa selama 3 detik sempat dirasakan masyarakat di Kecamatan lahewa, tapi aman karena tidak berpotensi tsunami,” terangnya. (Ptr)