Hari Ini Megawati Demo Masak Tanpa Minyak Goreng, PDIP Hadirkan Chef Terkenal

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (foto: istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri rencananya akan membuka kegiatan demo masak tanpa minyak goreng.

Kegiatan tersebut akan digelar hari ini, Senin (28/3) sekitar pukul 13.30 WIB di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Menurut Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, acara demo masak tanpa minyak goreng tersebut akan menghadirkan chef ternama.

“Kami hadirkan chef terkenal, bagaimana diversifikasi pangan tanpa melalui gorengan, jadi ada yang direbus, ada yang dikusus, dan kemudian kami juga akan pamerkan khazanah lokal, gimana membuat minyak goreng dari kelapa,” kata Hasto.

Baca Juga:  Ini Kader PDI Perjuangan Calon Wali Kota Cimahi Versi Pollingkita

Masih menurut Hasto, acara demo masak tanpa minyak goreng berangkat dari tingginya angka pengidap penyakit kolesterol di Indonesia. Bahkan, Hasto menyebut dirinya merupakan salah satu dari pengidap tersebut.

“Saya dua tahun terakhir punya penyakit kolesterol tidak hilang-hilang, setelah saya selidiki itu ternyata yang disampaikan Ibu Mega itu betul, bahwa itu karena saya mengonsumsi gorengan terlalu banyak, hanya kami periksa, bahkan data-data dari laboratorium cek darah, saya yakin betapa seriusnya persoalan terkait kolesterol,” jelas Hasto dikutip dari CNN Indonesia.

Baca Juga:  AHF Bantu Pemerintah Sediakan Layanan Kesehatan Bagi Odha di Indonesia

Seperti diketahui, sebelumnya Megawati menyoroti antrean masyarakat yang terjadi akibat kelangkaan minyak goreng dalam beberapa waktu terakhir. Ia mengaku sampai mengelus dada melihat situasi itu.

Putri Presiden pertama Sukarno itu mengaku heran bukan karena minyak goreng langka atau mahal, tetapi karena tak ada alternatif selain menggoreng.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sambut Baik Kebijakan Pembelian Minyak Goreng Lewat Aplikasi PeduliLindungi

“Saya tuh sampai ke ngelus dada, bukan urusan masalah nggak ada atau mahalnya minyak goreng. Saya itu sampai mikir, jadi tiap hari ibu-ibu itu apakah hanya menggoreng? Sampai begitu rebutannya?” kata Megawati dalam webinar ‘Mencegah Stunting untuk Generasi Emas’ yang digelar Tribunnews, Kamis (17/3) lalu.

Menurut dia, antrean panjang untuk mendapatkan minyak goreng memperlihatkan seolah tidak ada cara masak lain dalam mengelola bahan makanan, seperti merebus hingga mengukus. (red)