Hasil Test Swab, Dinkes Jabar: Pendemo Omnibus Law Negatif Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Kesahatan Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani mengatakan hasil dari demonstran menolak omnibus law yang reakti Covid-19, setelah dilakukan uji test Swab dinyatakan Negatif.

“Alhamdulilah sore harinya juga sudah keluar hasilnya. Semuanya negatif,” ujar Berli, diutip, Senin (12/10/2020).

Meski demikian, dia tidak mengetahui jumlah pasti total demonstran yang menjalani rapid test dan swab test. Mereka yang dites adalah demonstran yang ditahan oleh pihak kepolisian.

Baca Juga:  Ini Info Penting Soal Bantuan untuk Pondok Pesantren

Hal ini juga diamini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia mengatakan, hingga saat ini belum menerima laporan adanya demonstran yang positif Covid-19.

“Yang demo Omnibus Law kemarin, per hari ini tidak ada yang terlaporkan (positif Covid-19), karena memang pengetesannya tidak sederhana. Hanya mengetes yang ditahan,” ungkapnya dalam konferensi pers di Mapolda Jabar, Senin (12/10/2020).

Baca Juga:  Berikut Deretan Vitamin Untuk Lansia Agar Bugar Selama Pandemi Covid-19

Meski demikian, dia menduga, hasil tersebut tidak serta-merta menggambarkan kondisi sesungguhnya. Pihaknya masih akan terus mengawasi kemungkinan adanya penyebaran Covid-19 di kalangan demonstran dan kontak eratnya, termasuk keluarga.

Baca Juga:  Satgas COVID-19 Akan Luncurkan Aplikasi Pantau Penerapan Prokes

“Dugaan epidemiologinya, pasti tidak sedikit (yang terpapar Covid-19) tapi tidak ada penahanan di polres-polres (sehingga tidak dites Covid-19). Ini masih tesis,” ungkapnya.

“Tapi kelihatannya akan dilihat seminggu ke depan, apakah ada keterpaparan di keluarga, yang ada hubungannya dengan kemarin (demo Omnibus Law),” tuturnya. (Red)