Hujan Debu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai Ke Sergai

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Hujan Debu Vulkanik akibat erupsi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Senin (10/8/2020) siang juga terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Hujan debu vulkanik sampai ke Bintang Bayu, hampir seluruh desa terkena debu,” kata Camat Bingang Bayu, Sri Hernawati pada jabarnews.com.

Baca Juga:  Bantu Renovasi Rumah Warga di Lokasi TMMD

Ia menjelaskan, pihaknya minta warga agar waspada terhadap kondisi tersebut dengan menggunakan masker yang beraktivitas di luar rumah guna mencegah penyakit batuk dan sesak napas akibat terhirup debu vulkanik.

“Kita sudah minta masyarakat tetap menggunakan masker saat diluar rumah guna mencegah terhirupnya debu vulkanik,” ucap Sri.

Baca Juga:  Ini Sanksi Bagi Warga Kabupaten Bogor yang Berkerumun

Menurutnya, hujan debu vulkanik terjadi seluruh desa di Kecamatan Bintang Bayu, sejak Senin siang. Bintik putih debu vulkanik jelas terlihat disekitar rumah warga dan pohon.

“Sejak siang tadi debu vulkanik sudah sampai Bintang Bayu, kita minta warga tetap waspada,” katanya.

Baca Juga:  BKKBN dan DP3AKB Jabar Fokus Perangi Stunting

Ditempat terpisah, Budi karyawan cafe Koi Sei Rampah mengaku terkejut melihat banyaknya bintik putih bertebaran di lantai dan jok motor. Ia tidak menduga bintik putih tersebut debu vulkanik.

“Sempat bingung banyaknya bintik putih, ternyata debu vulkanik,” bilangnya. (Ptr)