HUT Ke-651, Cirebon Raya Siap Saingi Semarang dan Jadi Megapolitan Baru

JABARNEWS | CIREBON – Dalam kegiatan hari jadi Kota dan Kabupaten Cirebon serta sidang paripurna istimewa peringatan Hari Jadi ke-651 Kota Cirebon di Griyasawala, Kamis (20/8/2020) Ketua DPRD Kabupaten Cirebon M Luthfi mengatakan Cirebon akan menyaingi Semarang.

Ia mengatakan dalam waktu 10 tahun kedepan Cirebon Raya akan bisa menyaingi Semarang dan menjadi megapolitan baru di wilayah Pantura.

Baca Juga:  Polisi Amankan Belasan Penjahat Dalam Operasi Libas Lodaya 2019 di Purwakarta

“Cirebon Raya 10 tahun ke depan harus bisa melampaui Semarang dan menjadi megapolitan baru di Pantura. Cirebon Raya itu kan terdiri Kota/Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka,” kata Luthfi, Kamis (20/8/2020).

Namun capaian tersebut kata Luthfi hanya akan menjadi wacana saja apabila seluruh wilayah yang ada di Cirebon Raya tidak bisa satu visi.

Baca Juga:  Mural di Bandung Dihapus, Ridwan Kamil: Yuk Kita Ngobrol!

“Tadi saya sudah bicara dengan ibu wakil wali kota bahwa pemikiran ini perlu didorong terus, energinya perlu diperbesar,” tututnya.

Kolaborasi tentun sudah sepatutnya terbangun dimulai dari sekarang, kata Luthfi. yang pasti frekuensi harus disamakan jangan sampai semangat persaingan antar Kota dan Kabupaten yang didorong.

“Kami sangat siap untuk Cirebon yang lebih baik. Kita bisa maju kalau bersatu dan berkolaborasi,” masih tutur Luthfi.

Baca Juga:  Hari Jadi Kota Bandung, Hotel dan Restoran Diskon Besar-besaran

Di sela-sela kegiatannya tersebut, Luthfi juga mengatakan, tujuan tersebut melibatkan semua jajaran dari mulai pemda, kota hingga kraton yang ada di Cirebon Raya.

“Saya yakin ini butuh proses. Karena selain melibatkan pemda juga perlu melibatkan teman-teman di keraton serta tokoh-tokoh masyarakat yang paham dan peduli soal ini,” pungkasnya. (Red)