Ingin Nikmati Hidangan Lebaran Tapi Takut Kolesterol Naik? Jangan Risau, Ini Tips dari Dokter

Ilustrasi Nikmati Hidangan Lebaran Tapi Takut Kolesterol Naik, Ini Tips dari Dokter. (Foto: Daily express).

JABARNEWS | BANDUNG – Setelah berpuasa sebulan penuh, momentum Idul Fitri atau lebaran seringkali dirayakan masyarakat Indonesia dengan berbagai hidangan lezat khas berbagai daerah. Sayangnya, beberapa hidangan khas itu ternyata bisa membuat kolesterol melonjak jika khilaf dan kurang waspada menjaga asupan.

Padahal jika kolesterol melonjak, pastinya momen yang biasa dimanfaatkan untuk silaturahmi ini bakal ikut terganggu, bahkan berisiko menimbulkan serangan jantung atau strok.

Baca Juga:  Pimpinan KPK Akan Datangi 270 Daerah yang Gelar Pilkada, Ada Apa?

Saat ini, banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol di hari kemenangan ini. Mulai dari mengatur pola makan selama lebaran, memperbanyak minum air putih, menyempatkan diri berolahraga, hingga berhenti merokok.

Baca Juga:  Herbal untuk Mengatasi Hipertensi dan Kolesterol

Dokter spesialis gizi klinis di RS Siloam Kebon Jeruk dr. Sheena R. Angelia, M.Gizi, SpGK mengakui sejumlah hidangan yang biasa disajikan di hari lebaran memang bisa memicu lonjakan kolesterol.

“Konsumsi makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng memang bisa memicu lonjakan kolesterol. Apalagi jika selama berpuasa, kita juga cenderung berbuka dengan menu yang rendah nilai nutrisinya, tinggi gula dan lemak, diikuti dengan penurunan aktivitas fisik,” kata dr. Sheena dalam keterangan yang diterima, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga:  Disnakertrans Karawang Ingatkan Perusahaan Wajib Bayar THR H-7 Lebaran, Bila Terlambat Ini Sanksinya