Ini Manfaat Buah ElderBerry Yang Jarang Orang Ketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Buah elderberry merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun sayangnya elderberry belum banyak dikenal oleh para pecinta buah.

Elderberry sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman berry yang banyak ditemukan di Eropa serta Asia Barat. Biasanya, Buah elderberry banyak digunakan sebagai campuran minuman sirup, jus, soda, jeli, isian pai hingga dijadikan kismis.

Baca Juga:  Ahok Bakal Jabat BUMN, Erick Thohir: Kita Tunggu Saja

Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat Buah elderberry bagi kesehatan yakni:

Pertama. Meningkatkan sistem imun tubuh – Manfaat buah Elderberry yang pertama yakni bisa meningkatkan imunitas tubuh. Black elderberry kaya akan flavonoid yang memiliki sifat anti radang dan antioksidan.

Bersama dengan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya, buah dengan antioksidan tinggi ini dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh, meredakan peradangan, menurunkan stres, hingga membantu melindungi jantung.

Baca Juga:  Diam-diam Pemerintah Putuskan Tarik Pajak Tambahan bagi Pemilik Kendaraan

Kedua. Melawan pilek dan flu – Manfaat Buah elderberry selanjutnya yakni dapat melawan pilek dan flu. Buah elderberry telah digunakan secara turun-temurun untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi pilek serta flu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi tablet hisap ekstrak elderberry sebanyak empat kali sehari selama dua hari, memiliki perbaikan gejala flu dan pilek, seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan hidung tersumbat.

Baca Juga:  KPU Mulai Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Catat Ini Tahapan Pilkada Serentak 2024

Ketiga. Mengatasi masalah kulit seperti jerawat – Flavonoid yang terkandung dalam buah elderberry dianggap bisa melindungi sel kulit dan mengatasi masalah kulit karena memiliki sifat sebagai antioksidan dan anti peradangan.

Senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel sehat dari radikal bebas berbahaya yang berperan dalam masalah kulit. Efek antiseptik dalam elderberry juga dapat membantu melawan jerawat. (Red)