Ini Pesan Kepala Kemenag Kabupaten Purwakarta Pada 1 Muharram 1442 H

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, yang jatuh pada Kamis 20 Agustus 2020 esok. Biasanya peringatan 1 Muharam 1442 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk pawai tahun baru.

Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag), H.Tedi Ahmad Junaedi mengimbau masyarakat Purwakarta, segala bentuk kegiatan menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah digelar secara sederhana dan mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19.

Tedi mengingatkan, protokol kesehatan tetap harus diterapkan sehingga bisa menghindari penyebaran Covid-19.

“Jika ada seremonial perayaan, agar digelar sederhana dan mematuhi protokol Covid-19. Tetap jaga jarak dan hindari potensi kerumunan massa,” ungkap Tedi, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (19/8/2020).

Baca Juga:  Viral Lagi, Pasutri Renta Ini Tinggal Digubuk Reyot

Tedi berharap Tahun Baru Islam 1442 Hijriah menjadi sarana evaluasi diri atas pencapaian individu sebagai hamba Allah dan juga pencapaian kolektif sebagai warga bangsa serta komunitas umat Islam. Termasuk juga evaluasi terkait kualitas keberagamaan.

“Hijrah berarti bertransformasi ke arah yang lebih baik. Semoga setiap tahun kita naik kelas. Umat Islam diajak berdoa tepat pada pergantian tahun baru tepat 1 Muharram 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis 2020 Agustus 2020,” ajak Tedi.

Baca Juga:  Satres Narkoba Polres Sumedang Amankan Tiga Orang Pengedar Sabu

Selain itu, dirinya mengingatkan semangat hijrah ialah berpindah dari keadaan tidak baik di suatu tempat ke tempat lain untuk mendapat keadaan yang lebih baik.

“Dalam kehidupan nyata, hijrah bisa bermakna perpindahan dari kemungkaran kepada ketakwaan, dari keterbelakangan kepada kemajuan, dari yang mudarat kepada yang manfaat, dan dari peradaban jahiliah ke peradaban yang bermartabat,” ujar dia.

“Mari peringati tahun baru Islam dengan penuh syukur. Manfaatkan kehadirannya untuk terus berusaha hijrah menjadi manusia, bangsa dan umat yang lebih baik. Mari hijrah dari berbagai kepurukan akibat dampak wabah covid-19, ke perbaikan yang telah dirancang untuk dilaksanakan bersama-sama,” tutur Tedi.

Baca Juga:  Ini Pasangan Independen yang Bisa Ikut Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat

Tak lupa Tedi, mengingatkan umat Islam tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menyongsong tahun baru hijriah di tengah pandemi covid-19.

“Sambut tahun baru dengan kesederhaan dan penuh rasa syukur. Patuhi protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah seperti Tetap jaga jarak, gunakan masker, dan rajin cuci tangan,” ucapnya. (Gin)