Ini Senjata Andalan Dalam Program TMMD

JABARNEWS | ACEH BARAT – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah dilaksanakan sejak 1980 silam yang dinamakan pada waktu itu AMD (ABRI Masuk Desa), pada tahun ini telah memasuki TMMD yang ke 108, yang sebelum pelaksanaan TMMD, telah didahului dengan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis).

Senjata paling ampuh yang digunakan dalam TMMD adalah gotong royong, dengan banyak warga yang datang membantu keberhasilan TMMD semakin terasa, sebab TMMD tanpa masyarakat bukan TMMD namanya.

Pasiter Kodim 0105 Aceh Barat, Kapten Inf. Hendra Saputra mengatakan, Satgas TMMD ke 108 Kodim 0105 Aceh Barat beserta masyarakat akan terus membantu dan mendorong pembangunan yang sedang berjalan dan bersifat positif.

Baca Juga:  Wah! Bima Arya dan Presiden Jokowi Pernah Bahas Peluang Erick Thohir Jadi Cawapres, Begini Katanya

Pihaknya juga harus menjaga kebersihan lingkungan terutama di lingkungan sendiri. Dengan demikian warga di Desa Lango sebagai lokasi TMMD kali ini bisa terhindar dari berbagai penyakit, dan bisa hidup sehat dengan lingkungan yang bersih, rapi dan nyaman.

“Satgas TMMD dan masyarakat akan membantu serta mendorong pembangunan yang sedang berjalan dan yang bersifat positif, serta selalu jaga kebersihan di lingkungan agar terhindar dari segala penyakit, karena kebersihan yang paling utama,” katanya, Senin (6/7/2020).

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) Trans Lango, Husaini menyampaikan, kegiatan gotong royong adalah wujud peran serta TNI dalam membantu kebersihan lingkungan desa.

“Dengan bersihnya desa maka desa kita akan nampak indah dan kita juga menjadi sehat,” ujarnya.

Baca Juga:  PDIP Unggul di Survei LSI Juli 2023, Gerindra dan PKS Ngekor Dari Belakang

Di kesempatan yang sama, Keucik (sebutan Kepala Desa) Desa Lango, T. Yusmiba menambahkan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta Pemerintah Daerah (Pemda) tercermin dalam pelaksanaan TMMD.

Pelaksanaan TMMD kali ini yaitu melakukan pembangunan akses transportasi jalan di Desa Lango yang sering dilewati untuk perkembangan perekonomian masyarakat dan terbentuknya solidaritas antara masyarakat.

“Ini tentunya menjadi suatu kekuatan yang luar biasa untuk memajukan sebuah desa yang terisolir untuk dikenal luas melalui media online dan media publik saat pandemi Covid-19,” katanya.

Keucik Desa Lango mengaku memberikan dukungan dan apresisasi yang baik kepada Satgas TMMD ke 108 di wilayah Kodim 0105 Aceh Barat yang telah memberikan jasanya tanpa pamrih untuk ikut bergotong-royong bersama membersihkan jalan sebagai sarana akses transportasi penghubung yang di lewati oleh masyarakat.

Baca Juga:  Puan Maharani Bahas Kemerdekaan Palestina dengan Ketua Majelis Agung Nasional Turki

Selain kegiatan Fisik pelebaran jalan sepanjang 2.200 meter pembuatan parit kiri dan kanan jalan serta pembuatan jembatan penghubung Box Culvert antar desa di Kecamatan Pante Ceureumen, guna mewujudkan masyarakat pedesaan (terisolir) yang semakin sejahtera di Kabupaten Aceh Barat.

“Semoga kehadiran (TMMD) Reg Ke-108 TA. 2020 ini menambah wawasan berfikir masyarakat didesa khusus nya Desa Lango untuk lebih berkembang dan menambah jalinan silahturrahmi,” ujar Yusmiba. (Red)