Ini Tandanya Jika Tubuh Kita Kekurangan Lemak

JABARNEWS | BANDUNG – Lemak merupakan asupan penting bagi tubuh. Meski lemak kerap dikaitkan dengan risiko kelebihan berat badan dan kondisi kesehatan lainnya, tubuh tetap memerlukan jumlah lemak yang cukup.

Tubuh membutuhkan lemak makanan untuk berbagai proses biologis. Lemak penting untuk memberikan energi dan mendukung pertumbuhan sel. Lemak juga membantu tubuh menyerap banyak nutrisi dan menghasilkan hormon penting. Namun dibalik itu ada beberapa tanda jika tubuh kita kekurangan lemak.

Baca Juga:  Liga Prancis Resmi Berakhir, PSG Ditunjuk Sebagai Juara

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber beberapa tanda tubuh jiga kekurangan lemak yakni:

Pertama. Kulit kering – Salah satu tanda terbesar tubuh tidak makan cukup lemak adalah kulit kering. Lemak membuat tubuh terlumasi dengan baik. Anda tidak cukup hanya menggunakan pelembab di atas kulit.

Tubuh perlu mendapat asupan asam lemak esensial dan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda untuk menjaga sel dan kulit tetap lembab. Lemak juga membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak yang dapat membantu kulit bersinar.

Baca Juga:  Catat! Pengembalian Uang Tiket KA Lebaran Diperpanjang

Kedua. Luka sulit sembuh – Tubuh membutuhkan lemak untuk membuat banyak molekul penting yang mengontrol respons peradangan tubuh. Asupan lemak makanan yang rendah dapat mengganggu respons ini dan menyebabkan penyembuhan luka yang lambat.

Kekurangan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin C dan vitamin D juga dapat menyebabkan luka sembuh lebih lambat. Tentunya hal tersebut cukup berbahaya jika dibiarkan.

Baca Juga:  Berkerumun Saat Pandemi? Warga Purwakarta Harus Tahu, Ini Ancaman Pidananya

Ketiga. Sering sakit – Membatasi asupan lemak secara signifikan dapat melemahkan sistem kekebalan dan menyebabkan penyakit lebih sering. Tubuh membutuhkan lemak makanan untuk menghasilkan beberapa molekul yang merangsang aktivitas sel kekebalan.

Asam lemak esensial juga penting untuk pertumbuhan sel imun. Secara khusus, tubuh membutuhkan asam lemak omega-3 asam alfa-linoleat dan asam linoleat asam lemak omega-6 untuk menjaga kekebalan tubuh. (Red)