Inilah Makna Dari Iket Kepala Yang Dipakai Presiden Saat Karnaval Kemerdekaan

JABAR NEWS | BANDUNG – Saat menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat mengenakan iket kepala.

Nama dari iket kepala tersebut yaitu Makuta Sinatria karya desainer muda Agus Roche Effendie yang merupakan Pupuhu Utama Komunitas Iket Selendang Sunda (KIS).

Baca Juga:  Firli Bahuri Dilaporkan Menghilang Usai Mangkir Pemeriksaan Polda Metro Jaya, Ini Penjelasan KPK

Agus mengatakan Makuta sendiri memiliki arti mahkota yang merupakan benda penutup kepala. Sedangkan Sinatria memiliki arti kesatria yang berkarakter/ sifat/sikap yang berani, adil, tegas dan jujur.

“Filosofinya ‘Makuta Sinatria’ memberikan wejangan pada pemakainya untuk melaksanakan Tilu Eusi Diri (tiga sikap diri). Yaitu berani dalam membuat pilihan keputusan demi menegakkan keadilan & kebenaran sejati, panceg, dan silih wangi. Dengan kata lain saling memberikan kebaikan,” ujar Agus dalam keterangannya, Sabtu (26/08/2017).

Baca Juga:  Aa Bow Bantah Pernah Didekati Oleh Klub Thailand

Iket kepala Makuta Sinatria biasa dipakai oleh pemimpin atau seseorang  yang sedang menjalankan tugas mulia. Seseorang yang sedang mencari peningkatan kebaikan diri dan biasa dipakai untuk acara kebersamaan, ditempat kumpulan kemasyarakatan, acara kenegaraan juga acara antar bangsa. (Nur)

Baca Juga:  Info Ibadah Haji, Ada Kenaikan Biaya Sekitar Rp9,1 Juta

Jabar News | Berita Jawa Barat