Kabar Baik untuk Guru P1 Tanpa Formasi PPPK 2023

PPPK
Ilustrasi lowongan PPPK. (Foto: Disway.id).

JABARNEWS │ JAKARTA – Kabar baik bagi guru P1. Panitia seleksi nasional (panselnas) akan memberikan tambahan kuota bagi mereka tanpa formasi. Penambahan ini menyusul adanya ribuan PNS yang akan memasuki masa pensiun di tahun 2023 ini.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), sebanyak 2.100 guru PNS memasuki masa pensiun pada 2023. Dari ribuan PNS yang pensiun itu terdiri pegawai meninggal ataupun yang lain-lainnya.

Baca Juga:  Melemah Tipis, Berikut Kurs Rupiah Terhadap Dollar Pagi Ini

Direktur (Dirjen GTK), Nunuk Suryani mengatakan, untuk mengisi formasi kosong yang ditinggalkan para guru PNS yang pensiun, Kemendikbudristek berupaya mengajukan tambahan formasi.

Baca Juga:  Demokrat Tak Mau Ikut Politik Teletubbies PKS

Hasilnya, Panselnas yang terdiri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersepakat memberikan tambahan formasi untuk 2.100 P1 tanpa formasi.

Baca Juga:  DPD RI Pilih Kawal Kebijakan Daerah Ketimbang Hal Ini

“Dalam rangka mengoptimalisasi pemenuhan formasi guru ASN PPPK tahun 2022, kami sebagai anggota mengucapkan apresiasi bagi KemenPAN-RB sebagai ketua pengarah dan BKN sebagai ketua pelaksana seleksi, serta seluruh pihak yang terlibat dalam seleksi tahun 2022,” terang Dirjen Nunuk, seperti dikutip JPNN.com, Kamis (2/3).