Kabar Gembira, Tenaga Honorer di Pangandaran Harus Baca Ini

JABARNEWS | PANGANDARAN – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata berencana akan menganggarkan kenaikan gaji tenaga mulai dari TK, SD, hingga SMP dari Rp 300.000 per bulan jadi Rp 1 juta per bulan.

Tak hanya guru honorer semua tenaga honorer lingkup Pemkab Pangandaran juga dinaikkan honornya baik itu petugas kebersihan (pasapon), supir ambulans, petugas rumah sakit, dan semua honorer yang ada di dinas-dinas.

Hal tersebut terungkap pada saat rapat paripurna penetapan kesepakatan Rancangan KUA dan Rancangan PPAS tahun 2021, antara Pemerintah Kabupaten Pangandaran bersama DPRD tengah merancang KUA PPS tahun 2021.

Baca Juga:  KPU Sebut Tiga Saksi Tim BPN yang Sudah Dimintai Keterangan Tidak Berkualitas

“Sebagai daerah otonomi baru, tentu di Pangandaran tenaga honorernya cukup banyak dibanding PNS-nya. Terutama guru. Jumlah guru honorer hampir sama banyaknya dengan guru PNS. Jumlahnya fifty-fifty,” ujar Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Kamis (27/8/2020) sore

Jeje berharap, pegawai di Kabupaten Pangandaran yang honornya dibawah 1 juta, harus di atas 1 juta semua.

“Ada yang 1,2 juta, ada yang 1,8 juta bahkan ada yang sampai 2 juta lebih. Totalnya hampir 65 miliar untuk menaikan insentif para tenaga honorer,” kata Jeje.

Baca Juga:  Danau Cigayonggong Tempat Ngabuburit Anak Gaul

Kenaikan honor akan didorong pada anggaran perubahan untuk tenaga guru honorer, kata dia, totalnya bisa mencapai 169 miliar rupiah hanya untuk menaikan honor seluruh tenaga honorer yang bertugas di Pemerintah Kab Pangandaran kalau dihitung secara keseluruhan dari sebelumnya.

Jeje menggambarkan untuk jumlah tenaga guru honorer hampir imbang dengan tenaga guru PNS, apabila tidak ada guru honorer bakal kelabakan.

“Jadi ini karena kebutuhan. Di akhir masa pengabdian saya, di akhir RPJMD saya siap memberikan sesuatu buat teman-teman hampir 65 miliar untuk menaikan itu, termasuk memberikan honor terhadap guru PAUD dan TK,” ujarnya.

Baca Juga:  Waspada! Kenali Dua Jenis Cegukan Ini, Bisa Jadi Tanda Diabetes Hingga Gangguan Ginjal

Jeje juga mengatakan, apabila tenaga honorer menginginkan menjadi PNS, akan dididik secara khusus untuk perorangan dianggarkan 10 juta, dengan seperti itu harapannya bisa mencapai 50 persen dari yang sebelumnya hanya 20 persen yang diterima menjadi PNS.

“Pokoknya tenaga honorer yang ingin mengikuti tes CPNS akan kita didik khusus,” pungkasnya. (Red)