Kalahkan Vietnam 3-2, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20

Laga Timnas Indonesia U-20 (merah) VS Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Asia U20 2023 yang berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022). (Foto: KOMPAS.com).

Marselino akhirnya mencatatkan namanya di papan skor menit ke-60. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti gagal diantisipasi kiper Vietnam Cao Van Binh.

Tertinggal, Pelatih Vietnam Dinh the Nam menarik Nguyen Quoc Viet dan memasukkan Nguyen Xuan Bac. Rotasi tersebut berjalan sukses karena timnya langsung menyamakan kedudukan melalui Nguyen Thanh Nhan menit ke-66.

Baca Juga:  Erick Thohir Pastikan Lanjutkan Kerja Sama dengan Shin Tae-yong hingga Tahun 2027

Setelah menyamakan kedudukan, Vietnam terus menyerang dan membuat tuan rumah dalam tekanan. Gol kedua tim tamu tercipta menit ke-79 melalui skema serangan balik oleh dan umpan silang yang dikirim salah diantisipasi oleh pemain belakang tuan rumah. Ferrari yang berada di mulut gawang gagal menghalaunya dan bola masuk ke gawang sendiri.

Baca Juga:  Menag Keluarkan SE Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Kurban, Simak Isinya

Tiga menit kemudian, giliran tuan rumah menyamakan kedudukan. Umpan tendangan penjuru Zanadin Fariz dimanfaatkan dengan baik oleh Muhammad Ferrari melalui sundulan.

Baca Juga:  MKB Minta Pertambangan Gunung Sinalanggeng Tutup

Hanya berselang tiga menit, Garuda Nusantara berbalik unggul. Pemain pengganti, Nico Alfrianto, yang menang adu lari mengirim bola ke mulut gawang yang gagal diantisipasi kiper Vietnam. Rabbani Tasnim yang berada di depan gawang tinggal menyodorkan bola ke gawang.