Kangen Piknik? Destinasi Wisata Segera Dibuka Lho Jelang New Normal

JABARNEWS | CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur segera membuka destinasi wisata pasca tidak diperpanjangnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menjelang penerapan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pembukaan ini akan dilakukan secara bertahap memasuki kondisi New Normal.

Destinasi wisata Taman Bunga Nusantara (TBN), akan segera dibuka, pasca penutupan setelah lebih dari dua bulan, dampak pandemi Covid-19. Pembukaan tempat wisata ini dengan tetap mempertimbangkan kondisi penyebaran kasus Covid-19.

Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman didampingi Kadisparpora Yudi Ferdiana mengatakan, pembukaan tersebut rencananya pada tanggal 5 Juni 2020, setelah keluar Peraturan Bupati (Perbup).

Baca Juga:  Long Weekend, PT KAI Daop 3 Cirebon: Jumlah Pengguna Jasa Meningkat

“Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dan jaga pola hidup sehat,” katanya, selesai kunjungan kerja (Kungker) Selasa (2/6/2020).

Terpisah, Direktur Operasional Taman Bunga Nusantara, M. Ikbal Haraz mengatakan, pada tahap awal pembukaan sudah disiapkan SOP dan perangkat yang diperlukan sesuai dengan protokol kesehatan, untuk menjamin pengunjung yang datang ke Taman Bunga Nusantara akan merasa aman.

“Sesuai janji pak Bupati, akan segera dibuatkan Perbup. Saat ini, hanya tinggal menyiapkan sop dan perangkat yang diperlukan, masih papar Ikbal, agar betul-betul aman selama di tempat wisata tersebut. Termasuk juga karyawan yang bekerja. Pada penutupan sebelumnya, karyawan diberlakukan penjadwalan secara bergantian,” jelasnya.

Baca Juga:  JAAN: Atraksi Topeng Monyet Berpotensi Sebarkan Penyakit TBC

Sampai saat ini beber Ikbal memastikan, tidak ada karyawan yang di PHK di tengah pandemi Covid-19. Sejauh penutupan dari tanggal 18 Maret 2020, tidak ada semua karyawan disini berjumlah 324 orang.

“Hanya dijadwal secara bergantian, ada yang 10 hari bekerja, ada juga yang 15 bekerja jadi bergantian,” ujar Ikbal.

Baca Juga:  Harapan Gubernur Jabar kepada MUI Di Tengah Pandemi Corona

Pihaknya menyampaikan, khusus untuk warga Cianjur, akan memberikan diskon sebesar 50 persen, selama tiga bulan setelah dibuka kembali. Tapi untuk pengunjung luar Cianjur diberikan kemudahan yakni pembelian tiket secara online.

“Bagi warga Cianjur hanya membawa foto copy KTP, nanti diberikan diskon selama 3 bulan. Agar tidak terjadi antrian, kita juga buka bookingan secara online nanti hanya menunjukan voucher kepada petugas,” pungkasnya. (Mul)