Ke Ratusan Mahasiswa ITB, KCIC Kenalkan Kecanggihan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT KCIC Allan Tandiono menjelaskan proyek kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) kepada mahasiswa ITB. (Istimewa)

KCIC juga ingin mengajak para mahasiswa berdiskusi mengenai rencana pengembangan wilayah berorientasi transit (TOD) KCJB di Halim Perdanakusuma, Karawang, Padalarang, dan Gedebage. Topik-topik tersebut diharapkan dapat membawa dampak positif di masa depan. 

“Mumpung masih dalam tahap konstruksi. Upaya ini diharapkan akan menjadi proses pembelajaran dan alih teknologi agar di masa datang Indonesia dapat melakukan kemandirian secara teknologi,” tambahnya. 

Baca Juga:  KCJB Siap Meluncur ke Kota Bandung, Ciroyom dan Gedebage Selatan Segera Berbenah

Allan menyebut KCJB merupakan salah satu inovasi baru di bidang perkeretaapian yang mampu meningkatkan mobilitas masyarakat yang tinggal dan berkepentingan di Jakarta dan Bandung. 

Baca Juga:  Menguak Sederet Kontroversi Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

“Saat ini, kereta paling cepat yang ada di Indonesia beroperasi dengan kecepatan 110 km/jam. Rangkaian KCJB nanti akan bisa mencapai kecepatan 350 km/jam dan jalur Jakarta-Bandung dapat ditempuh hanya 35 menit,” tegas Allan. 

Baca Juga:  Polresta Deli Serdang Lakukan Penyemprotan Cairan Desinfektan

Allan berharap jika proyek KCJB dapat melibatkan peran dari civitas akademika ITB untuk kepentingan pengembangan dan masa depan KCJB, diantaranya dengan dukungan riset hingga menyiapkan sumber daya yang unggul.