Kemenag Pantau Hilal di 99 Lokasi, Idul Adha 2023 Berpotensi Berbeda

Pantau hilal Idul Adha 2023
Pantau hilal awal Zulihijah 1444 atau Idul Adha 2023. (foto: istimewa)

Sementara itu, sidang isbat merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Kementerian Agama kepada umat, untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah Hari Raya Iduladha.

Menuju pelaksanaan Sidang Isbat, Adib mengajak seluruh pihak terkait untuk mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga bisa menghasilkan keputusan yang akan ditetapkan oleh Menteri Agama.

Baca Juga:  Ternyata Ini Bahayanya Oleskan Minyak Kayu Putih ke Masker

“Ini menjadi tugas dan fungsi kita semua. Tentu membutuhkan pelaksanaan yang baik. Karena nantinya, hasil keputusan Sidang Isbat akan ditetapkan oleh Pak Menteri,” kata dia.

Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah 1444 H rencananya akan dihadiri Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, serta lembaga dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga:  Unik, LIPI Ciptakan Detektor Pendeteksi Masker

Sementara itu, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengatakan hasil perhitungan dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Iduladha 1444 Hijriah berpotensi berbeda dengan Kemenag. 

Baca Juga:  Mahasiswa Unpad Pasang Lampu Tenaga Surya Di Cimalaka