Libur Tahun Baru, Kunjungan ke Objek Wisata Jatiluhur Diprediksi Meningkat

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pada momentum tahun baru 2019, destinasi wisata Waduk Ir H Djuanda Jatiluhur bakal diserbu ribuan wisatawan. Dipastikan, lonjakan wisatawan naik hingga 40 persen dari hari biasanya. Jumlah wisatawan juga dipastikan akan bertambah dibanding tahun lalu.

Menurut, General Manager Divisi Pariwisata Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur Dindin Hendriana, di momen libur cuti bersama Natal 2018 kemarin terjadi peningkatan wisatawan signifikan.

“Peningkatannya besar sampai empat kali lipat dibanding hari biasa. Kemarin itu ada sampai 700-800 wisatawan. Kebetulan pas momen minggu kemarin kita juga mengadakan even,” ujar Dindin di ruang kerjanya, Rabu (26/12/2018).

Baca Juga:  Miyabi Mampir ke Indonesia, Warganet Singgung UAS yang Ditolak Singapura

Terkait pengamanan, anggota TNI Polri sudah disiagakan di sejumlah titik. Untuk tahun baru 2018 kemarin, setidaknya disiagakan 10 petugas di tiap-tiap pos pengamanan. Hari ini tidak jauh beda, hanya ada sedikit pengurangan jumlah personel pengamanan.

“Kami berterima kasih kepada TNI Polri yang selalu siaga. Ada atau tidak adanya perwakilan kami, mereka tetap menjaga kondusifitas,” ujar Dindin.

Baca Juga:  Akhir-akhir Ini Sering Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Mengingat waduk Jatiluhur ini sebagai objek vital nasional (obvitnas), ada beberapa titik yang tidak boleh dimasuki wisatawan. Alasannya, untuk keselamatan dan keamanan lingkungan.

“Salah satunya titik bendungan tidak boleh dimasuki wisatawan. Di sana dijaga oleh aparat TNI Polri,” katanya.

Kemudian untuk tiket biasanya naik di momen-momen libur seperti saat ini. Saat ini tiket masuk berlaku di harga Rp. 25.000 per orang. Khusus di tanggal 29 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019 tiket masuk di harga Rp. 32.000.

Baca Juga:  Piala Dunia U-20 Bisa Disaksikan Penonton di Stadion? Menpora Zainudin Amali Beri Jawaban Menohok

“Karena ada even kerja sama produk yang kami laksanakan. Ada acara dangdut panturaan yang dimeriahkan oleh grup orkes Pallapa,” papar Didin.

Namun, Divisi Pariwisata PJT II Jatiluhur belum bisa mendata pasti berapa jumlah kenaikan wisatawan dibanding tahun kemarin.

“Datanya masih berjalan ya. Hanya saja kita melihat di tiap-tiap weekend dan weekday selalu ramai,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat