Mahfud MD Tegaskan Pentingnya Pendidikan dalam Menangkal Paham Radikal

Mahfud MD
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: B Universe Photo).

JABARNEWS | MAJALENGKA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa aspek pendidikan memiliki peran sangat penting dalam menangkal paham radikal yang semakin berkembang di masyarakat.

“Aspek pendidikan memiliki peran strategis dalam upaya menangkal radikalisme,” kata Mahfud MD saat Rakernas Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) V, di Kabupaten Majalengka, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga:  Saat Ini Puncak Musim Kemarau, Waspadai Angin Kencang

Dia menjelaskan, dibutuhkan penanganan yang holistik serta terintegrasi dari berbagai pihak untuk menangkal gerakan-gerakan radikal yang dapat merusak kerukunan dan harmoni dalam kehidupan beragama di Indonesia.

Baca Juga:  Kabar Baik! Satu Lagi Vaksin Corona Siap Diproduksi Massal

“Tenaga pendidik atau guru memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman yang benar tentang agama dan memegang teguh nilai-nilai toleransi,” jelasnya.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Majalengka Naik, Masyarakat Diminta Waspada dan Perketat Prokes

Mahfud MD menekankan pentingnya memperkuat kerja sama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam membangun lingkungan pendidikan yang kondusif, termasuk perlunya menerapkan kurikulum yang berfokus pada pendidikan karakter, nilai-nilai kebangsaan, dan pengetahuan agama yang seimbang.