Pentingnya Peran Guru Dalam Membentuk Karakter dan Nilai Sosial Anak Didik Menurut Bupati Serdang Bedagai

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya foto bersama dua pelajar. (Foto: Ahmad/Jabarnews)

JABARNEWS I SERDANG BEDAGAI – Nilai kepedulian sosial dan pembentukan karakter anak didik sejak dini sangat perlu dilakukan. Ini terlihat, sekarang ini anak-anak lebih senang bermain gadget. Bermain gadget memiliki dampak yang positif dan negatif bagi anak.

Baca Juga:  Momen Haru Bupati Serdang Bedagai Ketemu Guru SMP, Sempat Berangkulan

“Satu sisi dari dampak positif, anak dapat lebih terampil dalam mempelajari hal baru, negatifnya, anak akan kecanduan hingga meninggalkan aktivitas selaku anak didik,” ujar Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, Sabtu (6/5/2023).

Dia mengatakan, pembentuk karakter anak didik merupakan tugas bersama antara orang tua, masyarakat dan guru. Dalam proses pembentukan karakter, peran guru sangat besar pengaruhnya.

Baca Juga:  Cucu Soekarno Jadi Tamu Kehormatan Pada Pawai Beras Perelek Di Purwakarta

“Peran guru dalam membentuk karakter siswa selama proses pendidikan di sekolah, sebagai masyarakat, peran orang tua membina karakter anaknya saat diluar jam sekolah,” terang Darma Wijaya.

Baca Juga:  Yod Mintaraga Menyarankan 6.597 Guru Honorer di Jabar Jadi Guru Pengganti

Menurutnya, dari permasalahan diatas, peran penting para pendidik sangat dibutuhkan dalam upaya menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter dan memiliki nilai kepedulian sosial.