Masyarakat Waspada! Selain Picu Kekeringan, El Nino Bisa Sebabkan Ini

BMKG */BMKG/

JABARNEWS | BANDUNG – Masyarakat diminta untuk mewaspadai potensi terjadinya El Nino. Pasalnya, badai ini bisa memicu terjadinya kekeringan hingga munculnya titik api pemicu kebakaran.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. Pihaknya sudah memprediksi terjadinya El Nino ini sejak Februari 2023 lalu.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca, Kota Bandung Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini

“Selain memicu kekeringan, minimnya curah hujan yang terjadi, juga akan berpotensi meningkatkan jumlah titik api, sehingga makin meningkatkan kondisi kerawanan untuk terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” katanya, Kamis (7/6/2023).

Baca Juga:  Belasan Tahun Tercemar, PJT II Jatiluhur Uji Kualitas Air Sungai Cilamaya

El Nino merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur. Ini mengakibatkan bergesernya potensi pertumbuhan awan dari wilayah Indonesia ke Samudra Pasifik tengah sehingga akan mengurangi curah hujan.

Baca Juga:  Gugus Covid-19: Tidak Ada Nakes Meninggal Di Jabar

“Langkah-langkah strategis perlu dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi dampak lanjutan. Utamanya sektor-sektor yang sangat terdampak, seperti sektor pertanian, terutama tanaman pangan semusim yang sangat mengandalkan air,” kata Dwikorita melansir dari PMJNews.com.