Mendag Zulhas Minta Bupati dan Wali Kota Awasi SPBE, Ini Tujuannya

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta bupati dan wali kota mengawasi stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE).

Menurut pria yang akrab disapa Zulhas ini hal tersebut untuk memastikan takaran atau isi tabung LPG 3 kg bersubsidi sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga:  Pemerintah Lakukan Tes SWAB di Stasiun KA Bogor

“Kita minta para bupati untuk lebih intens, karena itu wilayah mereka kan? Lebih intens gitu. Kalau semua Kemendag pusat di Jakarta. Ini kan berada di kabupaten, oleh karena itu, kita minta para bupati dan wali kota untuk di depan mengawasi soal ini,” kata Zulhas, Sabtu (26/5/2024).

Baca Juga:  Zulkifli Hasan Pastikan Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Aman Terkendali Jelang Nataru

Dia menjelaskan, keterlibatan pemerintah daerah dalam melakukan pengawasan SPBE sangat diperlukan, sebab pihaknya telah menemukan adanya 11 SPBE yang diduga telah melalukan kecurangan.

Ke-11 SPBE tersebut ada di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Purwakarta, Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan DKI Jakarta. Dari uji sampel pada setiap SPBE di daerah tersebut ditemukan tabung LPG 3 kg hanya berisi 2,2 hingga 2,8 kg.

Baca Juga:  Soal Pertemuan PDIP-PAN, Zulkifli Hasan akan Segera Lakukan Ini