Mendominasi Pemilu 2024, Perludem Nilai Parpol Harus Turun Bersosialisasi ke Anak Muda

Ilustrasi generasi milenial dan Gen-Z yang sedang hang-out
Ilustrasi generasi milenial dan Gen-Z yang sedang hang-out (Foto: Freepik.com)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemilih muda yang terdiri dari generasi milenial dan generasi Z (Gen-Z) menjadi kelompok pemilih yang mendominasi di Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia mencatat terdapat 113 juta lebih Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari kelompok generasi milenial dan generasi Z (Gen-Z). Angka tersebut setara 56,45 persen dari total DPT, yang mana total pemilih pada DPT yang berhak memberikan suaranya pada Pemilu 2024 yaitu sebanyak 204.807.222 pemilih.

Baca Juga:  Tangani Bencana di Tiga Kecamatan Cianjur, BPBD: Sudah Tuntas

Angka pemilih yang ditetapkan KPU itu telah melalui proses rekapitulasi hasil penetapan DPT di seluruh kabupaten dan kota serta Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) periode 20-21 Juni 2023.

Baca Juga:  Nyi Roro Kidul Hingga Kabayan dan Nyi Iteung, Hadir Di Game Ini

Mendominasinya generasi milenial dan Gen-Z pada Pemilu 2024, tentunya harus jadi perhatian bagi seluruh partai peserta Pemilu 2024 untuk bersosialisasi kepada anak muda.

Baca Juga:  New Normal, Ini Panduan Aktivitas Di Rumah Ibadah

Kahfi Adlan Hafiz, peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengatakan partai politik peserta Pemilu 2024 harus melakukan sosialisasi kepada pemilih muda dan bukan hanya sebatas capres-cawapres.