Segudang Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Ikan cakalang adalah salah satu jenis ikan tuna yang sering diolah menjadi berbagai jenis makanan yang nikmat untuk kita santap.

Selain itu, ternyata ikan cakalang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, hal tersebut jarang orang ketahui. Padahal ikan satu ini cukup banyak diminati oleh banyak orang.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat ikan cakalang bagi kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga:  Menaker Izinkan Pengusaha Potong Gaji Karyawan hingga 25 Persen, Ini Aturannya

Pertama. Menjaga kadar gula darah – Ingin menjaga kadar gula darah agar tetap normal? Anda mungkin bisa memasukan ikan cakalang ke dalam menu sehari-hari Anda.

Seperti ikan tuna lainnya, ikan cakalang tidak mengandung karbohidrat dan memiliki beragam nutrisi yang diperlukan penderita diabetes. Salah satunya adalah asam lemak omega-3.

Kedua. Mencegah anemia – Ikan cakalang mengandung vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah anemia. Ini karena vitamin B dan zat besi berperan dalam memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen untuk diserap oleh jaringan dan organ vital dalam tubuh.

Baca Juga:  Kejaksaan Awasi Penggunaan Dana Desa

Saat tubuh kekurangan oksigen, jaringan dan organ tidak dapat bekerja dengan optimal, sehingga menunjukkan gejala anemia. Gejala anemia dapat mencakup penglihatan yang terganggu, otot menjadi lemah, dan kelelahan ekstrim. Kondisi ini juga dapat menimbulkan komplikasi, seperti infertilitas.

Baca Juga:  BMPR: 70 Persen Jalan di Jabar Belum Penuhi Standar Keamanan

Ketiga. Mengurangi resiko peradangan – Kandungan omega-3 dalam ikan cakalang juga dapat mengurangi peradangan sel. Saat peradangan sel teratasi dengan baik, jaringan akan bisa kembali berfungsi kembali secara optimal.

Sehingga, khasiat ikan cakalang ini dapat mencegah munculnya penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Protein dalam ikan cakalang juga akan dipecah menjadi peptida, antioksidan yang berperan besar dalam pemeliharaan fungsi sel. (Red)