Mensos: Kegiatan Ekonomi Di Daerah Bencana Sudah Pulih

JABARNEWS | SUMEDANG – Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan kegiatan ekonomi di lokasi bencana alam seperti di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah sudah kembali pulih.

“Kita prioritaskan secepatnya kegiatan ekonomi bisa kembali pulih didukung dengan energi listrik, penyediaan bahan bakar minyak (BBM) dan sudah tersedia,” kata Agus usai orasi ilmiah dengan tema ‘Collaborative Governance’ pada kegiatan Dies Natalis Fisip Unpad 60 tahun di Gedung Bale Sawala Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (17/10/2018).

Baca Juga:  BNN Jabar Imbau Masyarakat Waspada Bujuk Rayu Sindikat Narkotika

Dikutip kabarpriangan.co.id, kata Agus, kegiatan ekonomi juga, sudah kembali berjalan dan dia mengimbau kepada para pengungsi korban gempa bumi dan tsunami, khususnya yang mengungsi keluar di antaranya ke Makasar dan daerah lainnya, untuk kembali ke Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk sama-sama membangun kembali pasca bencana alam tersebut.

Baca Juga:  Alhamdulillah, Arab Saudi Tetap Selenggarakan Ibadah Haji Tahun Ini

Upaya menanggulangi korban gempa bumi dan tsunami itu yakni menerapkan program hunian.

“Kita akan menyiapkan hunian sementara (huntara). Satu barak itu dengan kapasitas dan bisa menampung 12 kepala keluarga (KK), supaya masing-masing keluarga memiliki rumah hunian sementara,” ucap Agus.

Baca Juga:  Jangan Asal Pilih Teh Pelangsing Badan, Dr. Nadia Alaydrus: Bisa Sebabkan Ini

Hunian sementara itu bisa menampung 60 jiwa, jika satu KK antara 4-5 jiwa. Disana pun terdapat MCK (mandi, cuci dan kakus), dapur dan tempat kumpul bersama serta fasilitas umum lainnya. Diharapkan, program rekontruksi yang digulirkan pemerintah itu, selesai dalam waktu dekat ini. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat