Oded Dan Yana Kini Resmi Pimpin Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Oded M Danial dan Yana Mulyana resmi menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, setelah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melantik keduanya di Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika, Kamis (20/9/2018) sekitar pukul 09.00 WIB.

Selain melantik Oded dan Yana, Gubernur Jabar juga melantik 5 kepala daerah lainnya. Pelantikan didahului dengan pembacaan sumpah.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai wali kota dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa.” ucap Oded saat dilantik.

Demikian sumpah yang diucapkan Oded dalam proses pelantikan tersebut.

Sementara itu, sebelum pelantikan, Oded dan Yana beserta Ridwan Kamil dan 5 pasangan kepala daerah lainnya melakukan “historical walk” menuju Gedung Merdeka dari hotel Savoy Homann. Itu juga yang dilakukan para delegasi dari negara-negara di benua Asia dan Afrika pada 63 tahun yang lalu.

Baca Juga:  Ratusan Siswa SMP Di Wanayasa Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba

Sedangkan usai pelantikan, Oded dan Yana beserta gubernur dan kepala daerah lainnya langsung menuju Gedung Sate. Mereka menumpangi delman yang telah disiapkan. Sedangkan tamu undangan lainnya naik Bandros (Bandung Tour on Bus).

Kesuksesan berawal dari mimpi. Ada banyak cara untuk mewujudkannya. Hal ini benar-benar dipegang betul oleh Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung periode 2018-2023.

Sebagai orang lahir dan besar di ibu kota provinsi Jawa Barat, ia sadar betul bahwa dirinya harus masuk sistem agar mimpi-mimpinya dapat terwujud.

Lama berkiprah sebagai pengusaha serta memimpin sejumlah organisasi seperti PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) Kota Bandung dan REI (Real Estate Indonesia) Jawa Barat, Yana akhirnya memilih jalan menuju kursi kepala daerah dengan menjadi wakil Oded M. Danial. Keduanya kemudian terpilih pada Pilkada Serentak 27 Juni 2018 lalu.

Baca Juga:  Selewengkan Dana Desa, Kuwu di Cirebon Terjerat Kasus Korupsi

“Setiap masa ada pemimpinnya dan setiap pemimpin punya mimpi. Demikian juga dengan saya yang punya mimpi untuk menjadikan Bandung lebih aman, nyaman, enak, nyantai. Akhirnya perjalanan hidup membawa saya ke kondisi sekarang. Ini tidak pernah dimimpikan sebelumnya,” ungkap pria kelahiran Bandung 17 Februari 53 tahun yang lalu tersebut.

Sebagai orang Bandung tulen, suami dari Yunimar itu paham kalau masyarakat di kota kembang mau dan mampu berkolaborasi membangun kota tercinta menjadi semakin Juara. Dengan catatan selama dikomunikasikan, diajak gotong royong, dan diberi keteladanaan.

“Insya Allah semua PR besar Bandung selama ini akan bisa teratasi. Intinya ada pada kolaborasi. Tidak memandang siapapun, kuncinya silaturahmi dan ajakan kepada masyarakat,” ujar pemegang sabuk hitam Taekwondo Dan-II itu.

Baca Juga:  Keren, Indonesia Bakal Punya Bandara Antariksa

Menurut ayah dua anak ini, pengalaman panjang menjadi pengusaha maupun aktif di berbagai organisasi membuatnya sadar akan pentingnya merangkul semua komponen masyarakat untuk membangun Kota Bandung. Pemerintah tidak bisa menuntaskan semua persoalan yang muncul tanpa dukungan masyarakat.

Yana bertekad untuk menjalankan tugas sebagai Wakil Wali Kota secara optimal untuk memecahkan permasalahan Kota Bandung. Namun ia akan menunggu arahan Wali Kota.

“Ada beberapa tugas ex oficio sebagai Wakil Wali Kota seperti Ketua Satgasus PKL, Komda Lansia, dan beberapa bidang sosial lainnya. Saya akan berupaya melaksanakan semua tugas dengan sebaik mungkin,” sambung Kang Yana, demikian dia biasa disapa.

Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membangun Bandung. Dari yang sudah baik selama ini menjadi lebih baik lagi. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat