Pekan Depan, Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Penentuan Iduladha

Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan Hari Raya Iduladha. (Foto: istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA – Sidang isbat penetuan awal Zulhijah akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Rabu (29/6/2022) mendatang. Hal ini dikatakan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib.

Adib mengatakan, rencananya sidang isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Sidang isbat tersebut bertujuan untuk menetapkan Iduladha yang jatuh pada 10 Zulhijah.

Baca Juga:  Tiga Cara Merawat Hijab Agar Tetap Awet Dan Rapih

“Kami akan menggelar Sidang Isbat Awal Zulhijah pada 29 Juni 2022 untuk menetapkan Iduladha 1443 H. Ini merupakan layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan terkait ibadah di bulan Zulhijah,” ujarnya melansir dari laman resmi Kemenag RI, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga:  Ekonomi Sirkular: Solusi Jitu Persoalan Sampah Plastik Nasional

Dia menegaskan, pelaksanaan sidang isbat merupakan bagian penting dari tugas Kemenag, khususnya Ditjen Bimas Islam. Karenanya, dia meminta semua pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

Baca Juga:  Mudik Lebaran Berjalan Aman dan Sehat, Polres Purwakarta Tuai Apresiasi

“Belajar dari sidang isbat yang sudah kita laksanakan yaitu Sidang Isbat Awal Ramadan dan Sidang Isbat Awal Syawal, meski resonansi Sidang Isbat Awal Zulhijah tidak sekuat sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal,” katanya.