Pelajar NU Cirebon Jadi Wakil Jabar Di Kirab Pemuda 2018

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Ikfal Al Fazri aktivis PC IPNU Kabupaten Cirebon dan PMII Cirebon sukses menjadi Duta Kirab Pemuda mewakili Jabar untuk Napak Tilas Nusantara selama 73 hari. Ikfal bersaing dengan sekitar 11 ribu pemuda yang telah mendaftar online menjadi peserta inti Kirab yang akan bergulir pada 5 September.

’’Suatu kebanggaan bagi saya bisa mewakili Pelajar NU dalam acara kirab pemuda 2018, dimana 73 Pemuda akan keliling Indonesia selama 73 hari dan tinggal di rumah warga yang penuh keberagaman suku, adat, budaya, bahasa dan agama,’’ ungkap Ikfal.

Baca Juga:  Ketua Asosiasi Kafe dan Restoran Bandung Coba Bunuh Diri, Ini Kata Polisi

Ikfal menjelaskan, Kirab Pemuda merupakan perjalanan 68 wakil pemuda seluruh provinsi di Indonesia yang akan melewati seluruh wilayah Nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

’’Program unggulan Kemenpora yang mengusung tagline Berani Bersatu ini akan diisi dengan berbagai kegiatan-kegiatan pemuda yang kreatif, atraktif, produktif dan menghibur,’’ ungkapnya.

Ikfal mengatakan satu pasang peserta wakil dari 34 Provinsi yang dinyatakan lolos, kemudian akan mendapatkan pembekalan pada 29 Agustus- 3 September di PP PON Cibubur dan dibuka Menpora Imam Nahrawi.

Baca Juga:  Kreatif! Inovasi Seribu Celengan di Desa Ini Bisa Bayar PBB

’’Adapun Kirab Pemuda 2018 akan bergulir pada 5 September sampai dengan 17 November 2018,’’ kata Ikfal.

Ikfal menerangkan, Peserta Kirab dibagi ke dalam dua tim yang akan bergerak melintasi zona Barat dan Timur. Zona Barat akan dimulai dari Sabang pada 5 September, sementara zona Timur akan mulai dari Merauke pada 7 September.

Setiap tim masing-masing melewati 17 provinsi dan mereka akan kembali bertemu pada acara puncak di Singaraja, Bali pada pertengahan November.

Pemuda akan melakukan Pawai (perjalanan napak tilas) kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun NKRI, yang dilaksanakan WNI berusia 16-30 tahun (Undang-undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan), dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Temui Jusuf Kalla, Ini yang Dibahas

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terlupakan (unforgettable/memorable).

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotisme.

Sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat