Pemerintah Sulit Hindari Kenaikan Harga BBM, Sejumlah Opsi Disiapkan

Pengendara motor mengisi BBM di SPBU. (foto: istimewa)

Sebelumnya, Sejumlah menteri kabinet Joko Widodo terlihat mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat pada Rabu (24/8/2022).

Beberapa menteri yang hadir antara lain Menkeu Sri Mulyani dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Harap Belajar Tatap Muka di SD Pedesaan Kembali Dibuka

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat beberapa jam sebelumnya.

Dalam dua hari terakhir, pemerintah dan DPR RI terus melakukan rapat koordinasi untuk membahas skenario harga BBM. Sebelumnya, Menteri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan menghitung semua kemungkinan lantaran kuota subsidi energi sebesar Rp502 triliun pada APBN 2022 akan habis jika tidak ada tindakan yang tepat.

Baca Juga:  Ini Kabar Gembira untuk PNS dari Sri Mulyani

Jebolnya subsidi energi, termasuk BBM, LPG 3 kg, dan listrik, lantaran tingginya konsumsi masyarakat. Hal tersebut diperparah dengan masih lebarnya gap antara harga jual energi di masyarakat dengan harga keekonomian secara global. (red)

Baca Juga:  Pria Berluka Sayatan Ditemukan Tewas Tergantung