Pemkab Purwakarta Salurkan Bantuan Tunai Buat 1000 Pedagang Kecil

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 1000 pedagang di Kabupaten Purwakarta dapat bantuan sosial dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat sebagai bagian dari penanggulangan masalah sosial yang mendera masyarakat selama tanggap Covid-19.

Adapun bantuan bagi pedagang kecil terdampak wabah Covid-19 ini, berupa uang tunai sebesar Rp 2 juta untuk setiap penerimanya.

“Ini adalah tindaklanut yang telah kami rencanakan sebelumnya, hari ini kami salurkan bantuan berupa uang tunai Rp. 2 juta rupiah untuk 1.000 pedagang kecil yang terdampak wabah covid-19. Bantuan ini sebagai stimulus untuk modal usaha mereka,” ungkap Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat ditemui usai pendistribusin bantuan tersebut di Taman Maya Datar, komplek kantor Pemkab Purwakarta, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga:  Waspada! Selama Tahun 2023, 2.670 Konten Radikalisme dan Terorisme Bertebaran di Dua Medsos Ini

Anne menuturkan, penerima bantuan ini merupakan yang belum terdata atau di luar warga yang sudah menerima dari BLT dari desa maupun bansos kabupaten. Dengan bantuan ini, pihaknya berharap bisa membantu meringankan beban para pedagang keliling tersebut.

Baca Juga:  Gara-gara Virus Corona, Wander Luiz Kini Terapkan Pola Hidup Sehat

“Sesuai dengan Kementerian Sosial penerima bantuan yang belum menerima bantuan dalam bentuk apapun, agar tidak tumpang tindih,” ungkap dia.

Wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu menambahkan, jumlah penerima setengah dari jumlah yang telah direncanakan sebelumnya sebanyak 2.000 pelaku usaha.

“Data tersebut diperoleh usulan dari pihak kecamatan yang kemudian divalidasi ulang oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan yang kemudian diputuskan sebanyak 1.000 pelaku usaha yang benar-benar membutuhkan,” imbuhnya.

Dijelaskan Ambu Anne, penyaluran bantuan ini akan dilakukan secara bertahap karena belum semua kecamatan selesai divalidasi.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pastikan Tak Ada Larangan Shalat Idul Fitri di Jabar

“Hari ini baru pelaku usaha yang ada di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Babakancikao, Kecamatan Sukatani, Kecamatan Cibatu, Kecamatan Kiarapedes dan Kecamatan Pondoksalam,” jelasnya.

Selain itu, Anne menegaskan tidak menutup kemungkinan bantuan akan kembali dilakukan mengingat usulan kemarin cukup banyak.

“Kami akan mempertimbangkannya, hasil evaluasi dari penyaluran hari ini, mungkin akan dilakukan penambahan kuotanya lagi,” pungkasnya. (Gin)