Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Purwakarta Sampaikan Hal Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto beserta jajarannya mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021, secara virtual dengan Inspektur Upacara Presiden RI, Joko Widodo.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Tahun ini dengan temakan ‘Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila’

Upacara yang digelar secara virtual di Aula Sarja Arya Rancana, Mapolres Purwakarta, pada Jumat 1 Oktober 2021, tentunya dengan menomorsatukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Baca Juga: Jalan Provinsi Rusak Parah, Ini Penjelasan PUPR Serdang Bedagai

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Harap Proyek Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Rampung Akhir Tahun Ini

Menurut AKBP Suhardi Hery Haryanto, Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang luhur untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme dan mengembalikan dasar negara yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Baca Juga:  Info Penting Bagi ASN Tentang Jam Kerja pada Bulan Ramadan

“Walaupun digelar secara virtual dengan protokol kesehatan. Namun walaupun begitu tak mengurangi rasa cinta kepada pancasila sebagai bangsa Indonesia,” ucap pria yang akrab disapa Hery itu.

Ia mengatakan, tetap harus menghargai dan memaknai peringatan tersebut. Menurut dia, Pancasila pada hakekatnya merupakan suatu jalan dasar pikiran dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

Baca Juga: Begini Strategi Kota Bandung Perluas Edukasi Mitigasi Bencana Kepada Masyarakat

Baca Juga: Soal Sumbangan Ortusis, Ini Kata Dewan Pendidikan Jabar

“Nilai yang tercakup dalam Pancasila tak dapat dipisahkan karena sudah menjadi kepribadian pancasila sejak dulu. Karena itu, dibalik kesaktian itu memiliki makna yang penting bahwa pancasila adalah dasar negara yang tidak bisa diubah oleh siapapun juga,” beber perwira polisi yang terkenal dengan keramahannya itu.

Baca Juga:  Akibat Ban Pecah, Kendaraan Toyota Fortuner Tabrak Pembatas Jalan Tol

Hery mengungkapkan, the founding father Indonesia telah sepakat menjadikan Pancasila sebagai pemersatu dari karagaman suku, adat dan budaya sebagaimana tercantum dalam Bhineka Tunggal Ika.

Maka dari itu, Kapolres Purwakarta mengajak para generasi muda penerus bangsa ini untuk dapat menjaga, menerapkan, mengamalkan apa yang menjadi poin-poin yang ada dalam Pancasila tersebut.

Baca Juga: KPED Jabar Sebut Pandemi Covid-19 Ciptakan Peradaban Baru, Apa Itu?

Baca Juga: Datang ke Papua, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Pastikan Hal Ini

Baca Juga:  Yayasan Asal Kuwait Beri Bantuan Operasi Katarak di Bandung

“Pancasila merupakan dasar negara dan menjadi satu-satunya asas bernegara. Didalamnya terdapat saripati nilai-niai luhur bangsa Indonesia. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga Pancasila. Tidak sekedar menghafal tetapi juga mengamalkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Hery.

Kapolres Purwakarta mengungkapkan, untuk mengimplementasi nilai-nilai Pancasila di tengah kondisi pandemi seperti ini yakni mentaati dan mematuhi protokol kesehatan sesuai Imbauan dari pemerintah.

“Di kondisi seperti ini bagaimana masyarakat bisa memelihara diri dan menjaga situasi saat berinteraksi yang dibatasi. Semoga momentum Hari Kesaktian Pancasila di tengah pandemi ini, kita perlu meningkatkan kesadaran diri hidup bermasyarakat. Saling melindungi dan peduli agar virus corona tidak semakin menyebar dan menulari,” tukasnya. (Gin)