Polres Serdang Bedagai Bentuk Tim Gempur Covid-19, Ini Tujuannya

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Dengan status PPKM level 3, Kabupaten Serdang Bedagai terus melakukan langkah-langkah dalam mencegah menularan dan penyebaran Covid-19, dengan melakukan penyekatan di pos PPKM, Operasi Yustisi dan membagikan masker gratis kepada masyarakat.

Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang menjelaskan, untuk menekan kasus Covid-19, Polres Serdang Bedagai telah membentuk tim gempur Covid-19 di setiap Polsek dengan melibatkan personel Bhabinkamtibmas, personel Babinsa, satgas Covid-19 Kecamatan dan relawan.

“Pembentukan tim gempur Covid-19 untuk menekan kasus Covid-19 di serdang Bedagai,” katanya, Sabtu (28/8/2021).

Dijelaskannya, tim gempur Covid-19 bertugas di pos-pos penyekatan, pelakukan Operasi Yustisi di tempat menimbulkan kerumunan, seperti di pasar-pasar tradisional, tempat hiburan, rumah makan dan lokasi dapat menimbulkan kerumunan massa.

Baca Juga:  BKN Mengaku Belum Terima Data ASN yang Poliandri

“Mereka bertugas memberikan teguran dan sanksi dan juga UU tentang Kesehatan bagi masyarakat dan pelaku UKM yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” ucap AKBP Robin.

Menurut dia, dalam menggelar Operasi Yustisi itu personil terlibat pada tim gempur Covid-19 mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Selain itu juga memberikan himbauan kepada pengusaha dan masyarakat agar tetap mengindahkan mematuhi protokol kesehatan dan peraturan Pemerintah lainnya untuk pencegahan penyebaran dan pemutusan mata rantai virus Covid-19.

“Diharapkan pengusaha dan masyarakat dapat memahami himbauan tentang protokol kesehatan yang disampaikan sesuai aturan Pemerintah,” ungkap Robin.

Baca Juga:  Catatan Shin Tae-yong untuk Pemain Timnas Indonesia U-20: Perkuat Pressing Ketika Hilang Bola!

Kata Robin, untuk kegiatan unit Dikyasa Satlantas dengan menggelar Operasi Yustisi dengan memberikan penerangan dan himbauan bagi pengguna jalan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain menempelkan stiker yang bertuliskan “Ayo Pakai Masker” di kendaraan.

“Personel satlantas juga kita libatkan dalam pencegahan Covid-19 dengan memberikan himbauan kepada pengguna jalan,” terangnya.

Selain itu kata dia, himbauan kepada para Kelapa desa dan Lurah agar menyediakan rumah isolasi mandiri disetiap desa/kelurahan dengan tujuan agar mudah mengawasi dan pengontrol pasien Covid-19 yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Tim dan satgas akan menjeput pasien Covid-19 untuk dipindahkan ke rumah isolasi yang telah tersedia dengan tujuan mencegah menularan kepada keluarga,” terangnya.

Baca Juga:  Tak Ada Penambahan, Kasus Positif Covid-19 di Purwakarta Tetap 32 Orang

Robin menambahkan, Polres Serdang Bedagai akan melakukan vaksinasi massal kembali dengan menghabiskan vaksinasi dosis kedua dan melanjutkan vaksinasi dosis pertama.

“Akan kembali menggelar vaksinasi massal dosis kedua dan melanjutkan vaksinasi massal dosis pertama,” ungkap dia.

Masih kata dia, dengan dibentuknya tim gempur Covid-19 dan memindahkan seluruh pasien Covid-19 kerumah isolasi yang ada di setiap desa maupun yang disediakan pemerintan, dalam waktu 10 hari kedepan, Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai dapat turun drastis.

“Dengan langkah yang dilakukan ini, dalam kurun waktu 10 hari, kasus Covid-19 dapat turun drastis,” bilangnya. (Ptr)