Potensi Gelombang Tinggi 1,25 Sampai 6 Meter, Masyarakat yang Tinggal di Pesisir Diimbau Waspada

Laut Selatan Sukabumi
Pantai Pangumbahan, salah satu wisata pantai di Sukabumi. (Foto: Disparbud Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir atau sekitar area yang berpeluang diterjang gelombang tinggi 1,25 sampai 6 meter untuk meningkatkan kewaspadaanya.

Imbauan tersebut disampaikan BMKG pusat seiring gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa perairan dan samudra di Indonesia.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Rabu 6 April 2022

“Di mohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbau prakirawan BMKG pusat Gatot Defriyantoro, Bandung, Sabtu 4 Maret 2023.

Baca Juga:  Obat Nyamuk Picu Kebakaran Rumah, Ibu dan Dua Anak di Bekasi Tewas

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Perahu nelayan (kecepatan angin lebih 15 knot dan gelombang tinggi di atas 1,25 meter). Kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan gelombang tinggi di atas 1,5 meter). Kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan gelombang tinggi di atas 2,5 meter). Kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan gelombang tinggi di atas 4,0 meter),” harap dia.

Baca Juga:  BMKG: Informasi Peringatan Dini Tiga Harian untuk Wilayah Jawa Barat