Pagi Ini, Gempa Tektonik 4,1 Guncang Gayo Lues, Masyarakat Diminta Tenang dan Waspada

Gempa bumi tektonik 4,1 guncang Gayo Lues. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | GAYO LUES – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitude 4,1 guncang wilayah Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh pada Selasa (31/5/2022) pukul 08.10 WIB.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempa bumi tektonik berada pada titik koordinat 3,86 LU dan 97,33 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km Barat Daya Kabupaten Gayo Lues pada kedalaman 5 kilometer.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Lepas 140 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Turki dan Suriah

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Tripa 2.

Baca Juga:  Nusantara Mengaji, Warga Binaan Lapas Purwakarta Ikuti Khataman Al Quran

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Gayo Lues,” terangnya.

Baca Juga:  Berkasus, KPU Purwakarta Ancam Coret Dua Caleg

Kata dia, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock), Andi menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.