Jajaki Naturalisasi 4 Pemain Ini, PSSI Tak Ingin Kasus Marc Klok Terulang Kembali

JABARNEWS | BANDUNG – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah menjajaki naturalisasi empat pemain dari luar negeri.

Keempat pemain yang disebut-sebut memiliki ikatan keluarga dengan orang Indonesia itu yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks dan Mees Hilgers.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, PSSI tidak ingin kasus seperti gelandang Persib Bandung, Marc Klok terulang saat melakukan proses naturalisasi pemain dari luar negeri.

Baca Juga: Bentrok Geng Motor dengan Warga di Sukabumi, Pelaku Pembacokan Diamankan Polisi

PSSI, kata dia, harus mengecek dokumen keempat pemain dari luar negeri tersebut, apakah benar mempunyai darah Indonesia atau tidak.

Baca Juga:  Berikut Lima Tanaman Hias Termahal Di Indonesia Pada Saat Pademik

“Karena bila dokumen tidak ada atau tidak diakui FIFA, bisa saja kasus Marc Klok terulang. Saat itu dia tidak bisa membuktikan bahwa dirinya keturunan Indonesia,” katanya, dikutip dari laman PSSI, Jumat 19 November 2021.

Dia menegaskan, PSSI bergerak cepat memproses naturalisasi pemain yang punya darah Indonesia. Meski begitu, naturalisasi akan dilakukan dengan hati-hati.

Baca Juga: Ada ASN Terima Bansos, Dinsos Kota Cirebon Kebingungan Buat Menindaklanjutinya

“Kami harus hati-hati melakukan hal tersebut, karena yang utama harus ada rekomendasi dari pelatih Shin Tae-yong,” kata pria asal Gorontalo itu.

Baca Juga:  Robert Albert Beri Apresiasi Kinerja Kapten Persib di Liga 1

PSSI pun menunjuk anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani untuk menuntaskan permasalahan naturalisasi tersebut.

Saat ini Timnas Indonesia sedang berada di Turki, dengan agenda dua laga uji coba internasional FIFA. Setelah kalah 0-2 dari Afghanistan pada Selasa 16 November 2021, Timnas akan menghadapi Myanmar pada Kamis 25 November 2021.

Baca Juga: Rawan Longsor Saat Musim Hujan, Kawasan Wisata Darajat Garut Akan Ditutup Sementara

Selepas dari Turki, Timnas Indonesia akan langsung berangkat ke Singapura untuk mengikuti ajang Piala AFF 2020.

Baca Juga:  Bisa Hilangkan Strees, Ini Manfaat Memelihara Hewan

Di Piala AFF 2020, Indonesia bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos. Timnas Indonesia akan menjalani laga perdana pada 9 Desember 2021 kontra Kamboja.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian, dan Malaysia pada 19 Desember 2021.

Baca Juga: Perumda Tirta Kahuripan Minta Warga Bogor Tampung Air Bersih Saat Hujan, Kenapa?

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19.***