Presiden Jokowi Klaim Tidak Ada Negara Sedetail Indonesia dalam Kendalikan Inflasi

Presiden Jokowi. (foto: setkab)

JABARNEWS | BANDUNG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengklaim bahwa tidak ada negara lain yang melakukan kerja sedetail Indonesia dalam upaya pengendalian inflasi.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa umumnya dalam upaya pengendalian inflasi negara-negara hanya bertindak melalui bank sentral yang menaikkan suku bunga.

Baca Juga:  Enam Pj Kepala Daerah Resmi Dilantik, Bey Machmudin Minta Fokus Tangani Masalah Sampah dan Inflasi

Presiden Jokowi menjabarkan setidaknya sudah dua kali dia mengumpulkan seluruh kepala daerah untuk pengarahan terkait pengendalian inflasi dan akan terus dilakukan secara berkala dibarengi evaluasi setiap dua pekan sekali.

“Tapi kita tidak hanya urusan menaikkan suku bunga yang itu menjadi kewenangan dari Bank Indonesia, tetapi dalam praktik riil kita juga langsung masuk ke sumbernya, yaitu apa? Kenaikan barang dan jasa,” kata Presiden Jokowi saat memberi pengarahan dalam Investor Daily Summit 2022 di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga:  Dear Milenial dan Gen Z, Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Indonesia Maju

Bersamaan dengan pengarahan tersebut, Presiden Jokowi mengaku telah memberikan kewenangan kepada daerah untuk menggunakan Dana Transfer Umum (DTU) sebesar 2 persen dan pos anggaran belanja tidak terduga di postur APBD masing-masing dalam upaya-upaya pengendalian inflasi.

Baca Juga:  Soal BLT BBM, Presiden Jokowi: Untuk Jaga Daya Beli Masyarakat