Ridwan Kamil Minta Sandiaga Uno Bantu Amankan Jatah Vaksin Jabar

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membantu program vaksinasi di Jabar. 

Ridwan Kamil meminta Sandiaga Uno untuk mengonsolidasikan kepada pemerintah pusat terkait jatah 15 juta dosis vaksin Covid-19 per bulan untuk Jawa Barat.

“Tolong saling ingatkan, bahwa penduduk jabar 50 juta jiwa, suplai 15 juta dosis per bulan harus lancar biarkan teknis penyuntikan dan lain lain urusan di pemerintah daerah,” kata Ridwan Kamil di Kabupaten Bandung Barat, Minggu (22/8/2021).

Baca Juga:  Tolak Pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020, Ini Alasan Pemuda Muhammadiyah Jabar

Dia mengatakan, dari total 13 juta dosis vaksin yang didistribusikan pemerintah pusat, percepatan vaksinasi terus berkembang. Dari 50 ribu penyuntikan per hari menjadi 200 ribu per harinya.

Kemudian jumlah ini diharapkan bisa bertambah hingga 400 ribu penyuntikan per hari untuk mencapai herd immunity pada Desember mendatang.

Baca Juga:  Menaker Ida Kutuk Keras Kasus Pelecehan Karyawati Perusahaan di Bekasi

Menurut Ridwan Kamil, herd Immunity bisa membuat upaya pemulihan ekonomi, kesehatan dan aktivitas masyarakat kembali normal meski masih dengan protokol kesehatan ketat.

Seiring dengan zona risiko di Jawa Barat yang sudah menurun saat ini, maka pembukaan destinasi wisata mulai dibuka secara gradual.

Baca Juga:  Masa Penahanan Yana Mulyana Diperpanjang Selama 40 Hari, Ini Kata KPK

“Batasi dulu kapasitas 25 persen, cek dulu pengunjungnya. Kalau evaluasinya bagus, nanti dinaikkan kapasitas,” kata Ridwan Kamil.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno menuturkan akan melakukan konsolidasi dengan Kementerian Kesehatan terkait permintaan 15 juta vaksin per bulan untuk Jabar 

“Tadi targetnya 15 juta dosis per bulan akan kita amankan untuk Jabar,” kata Sandiaga Uno. (Red)