Sampel Pasien Gagal Ginjal Akut Masih Diteliti Tim Labfor Mabes Polri

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. (Dok. Humas Polri).

Menurut Dedi, sampel pasien gagal ginjal akut yang dikumpulkan oleh tim gabungan bakal dibawa ke Jakarta untuk diuji di Labfor Polri untuk menelusuri penyebab gagal ginjal yang dialami oleh pasien.

“Jadi setiap daerah berbeda-beda kasusnya, makanya empat sampel itu dikumpulkan semua dibawa ke Jakarta untuk diteliti. Setelah itu dianalisis dan dirapatkan dengan para ahli, baru nanti dibuat suatu kesimpulan,” jelasnya.

Baca Juga:  Begini Cara Polri Cegah Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg di Masyarakat

Di tempat terpisah, Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto menyebutkan, tim gabungan Polri sedang melakukan pendalaman dan pengumpulan sampel untuk mengetahui penyebab gagal ginjal apakah karena obat atau faktor lain.

Baca Juga:  Salah Satu Pimpinam DPRD Purwakarta Terpapar Covid-19 Dari Daerah Lain

Dia menyebutkan, pihaknya melakukan pendalaman terhadap dua perusahaan farmasi yang diperiksa terkait peredaran obat diduga mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas.

Baca Juga:  Usai Putusan, Polri Segera Sidang Kode Etik Bharada E dan Ricky Rizal

“Ya nanti itu memang saat ini sudah melakukan penyegelan dari BPOM. Tapi kami juga melakukan pendalaman membantu BPOM. Untuk masalah di perusahaan silakan nanti komunikasikan dengan BPOM,” ucap Pipit.