Sandiaga Uno, Ajang MotoGP Berdampak Positif Untuk UMKM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno).

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menginginkan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, mampu mendorong perputaran ekonomi bagi masyarakat.

“Event terbesar skala internasional ini mudah-mudahan akan membangun momentum yang kuat untuk kepulihan kita, membantu kita bertransisi menuju penguatan ekonomi baru pasca pandemi,” ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR yang dipantau secara virtual di Jakarta, Rabu.

Hingga saat ini, lanjutnya, masyarakat telah memperoleh dampak dari sisi sarapan tenaga kerja lokal di sektor konstruksi pembangunan jalan kawasan khusus sebanyak hampir 300 orang, tiga ribu merchandising UMKM Lombok, sekitar 600 tenaga kerja di homestay, lalu sekitar 1.500 orang di sektor transportasi dan logistik.

Kemudian juga kurang lebih 900 tenaga kerja terserap di sektor kuliner dan restoran, sekitar 500 orang di sektor akomodasi existing, serta sekitar 100 orang di sektor eksplorasi keindahan alam, sosial, dan budaya.

“Totalnya kalau ditambah cukup signifikan,” ungkap dia.