Sempat Tertunda, Ini Penjelasan Kemenhub Soal Rencana Jalur KRL Diperpanjang hingga Karawang

Jalur KRL saat ini hanya sampai hingga Cikarang Bekasi.
Jalur KRL saat ini hanya sampai hingga Cikarang Bekasi. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Rencana perpanjangan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek hingga Karawang yang diungkapkan pada tahun 2019 masih belum mengalami perkembangan signifikan. Meskipun sempat menjadi pembicaraan, proyek ini terhenti sejak mewabahnya pandemi COVID-19.

Baca Juga:  Disdik Purwakarta Daftarkan BPJS-TK Ribuan Guru Honorer

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, mengonfirmasi bahwa pada tahun 2019 memang terdapat usulan untuk memperpanjang jalur KRL hingga Karawang. Namun, dampak dari pandemi mengalihkan fokus, dan hingga saat ini belum ada kepastian kapan proyek ini akan dilanjutkan.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Salurkan Bantuan Tunai Buat 1000 Pedagang Kecil

“Tahun 2019 waktu itu karena pandemi jadi akhirnya fokusnya agak bergeser. Makanya sampai sekarang kita belum pastikan akan dimulai, tapi ada rencana ke sana (Karawang),” ujar Adita.

Menurut Aditia, hingga saat ini belum ada pembahasan lanjutan atau kejelasan kapan rencana perpanjangan jalur ini akan dilanjutkan.

Baca Juga:  Bupati Cellica Dikabarkan Akan Hengkang dari Demokrat, Begini Respon PKS dan PDIP

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi sebelumnya menargetkan tahap finalisasi fisik jalur KRL sampai Karawang dapat selesai pada akhir tahun 2020.