Singgung PKB, PBNU: Warga NU Paling Banyak Pilih PDI Perjuangan

PBNU
Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Sulaeman Tanjung. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Sulaeman Tanjung mengatakan bahwa pihaknya akan tetap menjaga jarak dengan partai politik.

Dia menyebut, hal tersebut berdasarkan arahan dari Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

“Arahan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf sangat jelas, tidak pernah mempermasalahkan PKB, cuma ingin menjaga jarak,” kata Sulaeman dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/8/2023).

Baca Juga:  Tabungan Murid SD di Pangandaran Raib, Ono Surono Instruksikan Kader PDI Perjuangan Bantu Belikan Seragam

Dia menjelaskan, hasil Survei Kompas menyebutkan bahwa suara warga NU terbagi merata di semua partai politik. Bahkan warga NU terbanyak ternyata mencoblos PDI Perjuangan, kemudian Gerindra di urutan kedua dan Partai Golkar, baru mencoblos PKB di urutan keempat.

“Jadi NU itu tidak hanya milik PKB. Buktinya yang paling banyak dipilih warga NU adalah PDI Perjuangan, bukan PKB. Jadi PBNU akan tetap menjaga jarak dengan semua partai politik, tidak ada perlakuan istimewa,” jelasnya.

Baca Juga:  Gawat, Tinta e-KTP Di Subang Habis

“Jadi Gus Yahya itu tidak pernah mempermasalahkan PKB. Hanya yang beliau sesalkan itu ternyata pemilih PKB sendiri ogah sama Muhaimin. Ini kan fakta, survei Kompas PKB 7 persen dan Muhaimin hanya 0,4. Kan jomplang,” tambahnya.

Baca Juga:  Analogikan Adzan, Waketum PKB Jazilul Fawaid Tegur Menag Yaqut: Jangan Bikin Ribut!

Dengan elektabilitas Muhaimin yang jauh di bawah PKB, kata dia, bisa diartikan bahwa yang tidak memiliki pengaruh pada PKB sebenarnya adalah Muhaimin sendiri.

Dengan fakta ini, Sulaeman bahkan memperkirakan calon presiden yang menggandeng Muhaimin sebagai calon wakil presiden (cawapres) akan mengalami kekalahan. (Red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News