Soal Pencanangan Komponen Cadangan, Ma’ruf Amin: Tantangan dan Ancaman Sulit Diprediksi

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat menghadiri Pencanangan Komponen Cadangan 2022 di Lapangan Udara Suparlan Pusdiklatpasus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (8/9/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi keselamatan bangsa dari segala bentuk ancaman.

Terlebih di lingkungan strategis internasional dan nasional yang dinamis sehingga pertahanan mutlak diperkuat.

Baca Juga:  Puluhan Warga Kurang Mampu di Desa Sukaresmi Bandung Barat dapat Bantuan Pasang Listrik Gratis

“Tantangan dan ancaman semakin beragam dan sulit diprediksi menjadi faktor pendorong bagi negara kita untuk menata kekuatan nasional. Dalam rangka untuk memperkokoh Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata,” kata Ma’ruf di Lapangan Udara Suparlan Pusdiklatpasus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga:  Video: Waspada Erupsi Gunung Tangkuban Perahu, Warga Diimbau Menjauh!

Ma’ruf menyebutkan, yang dapat diemban oleh Komponen Cadangan adalah meningkatkan pemahaman tentang isu-isu global, menanamkan kesetiakawanan sosial, serta menebarkan toleransi dan moderasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

Baca Juga:  Ini Daftar Bandara Tutup Akses Penerbangan Untuk Umum

Pada kesempatan ini pun Ma’ruf menitipkan beberapa pesan yaitu pelatihan Komponen Cadangan agar didesain dalam prespektif luas menggabungkan pola pertahanan konvensional dan ancaman non-tradisional.