Survei LSI Denny JA: Jokowi Bakal Menang Telak Di Pilpres 2019

JABARNEWS | JAKARTA – Berdasarkan survei terbaru Lembaga Survei Indonesia atau LSI Denny JA yang dilakukan pada 14-22 September 2018, masyarakat menilai calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi akan menang telak dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Peneliti LSI, Rully Akbar, mengatakan, sebanyak 58,6 persen responden menilai pasangan Jokowi dan Ma’aruf Amin akan menang telak.

Persentase responden yang memilih opsi Jokowi menang telak ini berselisih angka sekitar 30 persen dari pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

“Responden yang memprediksi Prabowo – Sandiaga bakal menang telak jumlahnya hanya 25,7 persen. Adapun 15,7 persen responden lain memilih tak menjawab atau abstain,” ,” kata Rully, saat konferensi pers di kantor mereka, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (4/10/2018), dikutip tempo.co.

Baca Juga:  Pelatih Persib Akui Tak Lagi Miliki Rencana Untuk Pemusatan Latihan Pemiain

Lanjut Rully, dalam survei yang sama, Jokowi diramalkan menjadi capres yang paling mampu memperjuangkan Pancasila.

Sebanyak 65,8 responden menyatakan Jokowi tak berkompromi untuk memperjuangkan dan mempertahankan Pancasila. Sedangkan untuk variabel yang sama, Prabowo hanya memperoleh suara responden 28,7 persen.

Terkait keinginan publik terhadap presiden, dalam survei itu terlihat, sebesar 85,6 persen mengatakan Indonesia ingin Pilpres 2019 menghasilkan presiden yang kuat. Alasannya, presiden yang kuat akan membuat perekonomian Indonesia stabil. Selain itu, negara tidak akan diperalat oleh kepentingan kelompok.

Baca Juga:  Waduh, Bantuan Logistik Pemprov Bagi Warga Tanimulya Tidak Mencukupi

“Angka hasil survei ini akan terus bergerak sampai masa kampanye kedua capres berakhir pada April nanti. Pilihan publik terhadap para calon pun dimungkinkan berubah bila keduanya mampu memainkan isu program. Sebab, saat ini, isu-isu yang berhubungan dengan primordial tak laku lagi,” terangnya.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada 14-22 September 2018 dengan responden berjumlah 1.200 orang. Wawancara untuk survei dilakukan dengan metode tatap muka menggunakan kuesioner. Survei ini dilaksanakan 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga:  Inilah Beberapa Prinsif Raih Sukses di Masa Depan

Survei terbaru LSI digelar untuk mengetahui tingkat kerinduan publik untuk Indonesia yang kuat pada pemilihan umum 2019. Survei itu menghasilkan kesimpulan bahwa Indonesia yang kuat terwujud karena adanya partai politik yang kuat, presiden yang kuat, dan paham kebangsaan yang kuat.

Survei juga menyimpulkan pasangan Jokowi dan Ma’aruf Amin paling mungkin menang dalam kontestasi Pilpres 2019. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat