Tiga Kriteria Cawapres yang Diinginkan Anies Baswedan, Ini Sosoknya?

Anies Baswedan
Momen Anies Baswedan duduk satu meja dengan JK, Ahmad Syaihku, AHY dan SBY. (foto: Fraksi PKS)

JABARNEWS │ JAKARTA – Sedikitnya tiga kriteria calon wakil presiden (Cawapres) diinginkan Anies Baswedan. Bakal calon presiden (capres) yang dideklarasikan Partai NasDem in berharap, cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024 nanti merupakan figure yang mampu memberikan kontribusi untuk kemenangan.

Kedua, Anies berharap pasangan nanti di Pilpres 2024 bisa membantu dalam stabilitas koalisi partai pendukung. Sementara kriteria ketiga, Anies menyebut Cawapres pilihannya nanti diharapkan bisa membantu untuk membuat proses pemerintahan lebih efektif.

Baca Juga:  VIDEO: Tim 8 Perubahan Dorong Pertemuan Anies, AHY, Ganjar dan Puan

“Pasangan (Cawapres) itu harus begitu,” ujar Anies Baswedan dikutip dari Viva, Minggu (30/10/2022).

Lalu siapa sosok Cawapres yang diinginkan Anies Baswedan? Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku sampai sekarang masih menimbang-nimbang siapa figur yang akan digandengnya menjadi bakal calon wakil presiden.

Baca Juga:  Anies Baswedan Minta Presiden Jokowi dan Mendagri Tito Tegur Pemda yang Tidak Netral

Anies mengaku tidak ingin terburu-buru memilih bakal cawapres. Anies pun tidak menentukan batas waktu dalam menentukan sosok cawapres pendampingnya. Ia beralasan butuh waktu panjang dan mendalam untuk memilih figur cawapres yang cocok.

Baca Juga:  Menhub Sarankan Mudik Lebih Awal Agar Pemudik Terhindar Dari Kepadatan Lalu Lintas

Sebelumnya, sejumlah nama-nama dikaitkan dengan pencalonan Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. Mereka adalah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.