Tiga Penyebab Radiator Rusak, Diantaranya Salah Menggunakan Cairan

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa sepeda motor saat ini menggunakan pendingin cairan atau radiator terutama motor berkapasitas mesin besar. Akan tetapi motor matic 125cc juga menggunakan radiator, seperti Honda Vario 125.

Secara umum, sebuah mesin, terutama yang memiliki CC besar, dapat menghasilkan panas berlebih yang mana nantinya akan diserap oleh cairan di dalam radiator atau disebut dengan radiator coolant.

Baca Juga:  KLB Medan Ditolak, DPC Demokrat Purwakarta Girang

Hanya saja, terkadang banyak pemotor yang kurang begitu peduli dengan bagian satu ini padahal ketika radiator bermasalah, maka akan ada efek negatif yang bakal menyengsarakan sang pemilik motor itu sendiri.

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab radiator bocor yakni:

Pertama. Salah Menggunakan cairan Radiator – Penyebab bocornya radiator yang pertama yakni salah menggunakan cairan radiator. Dalam Keadaan Urgent, menggunakan air sumur untuk mengisi radiator emang diperbolehkan.

Baca Juga:  Digelar Sederhana, Peringatan 1 Muharram di SMK Taruna Sakti Tetap Khidmat

Namun, Ada baiknya jika setelah menggunakan air sumur untuk segera menggantinya dengan cairan khusus radiator. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya kebocoran atau kerusakan pada radiator kalian.

Baca Juga:  Kabar Duka, Mantan Menpora Abdul Gafur Tutup Usia

Kedua. Hal Yang Tidak Terduga – Penyebab radiator bocor atau rusak selanjutnya yakni terjadinya hal yang tidak terduga seperti misalnya ada kerikil atau batu yang membentur radiator kalian.

Biasanya hal seperti ini terjadi tanpa kita sadari, padahal jika dibiarkan membuat radiator menjadi rusak dan mesin lebih mudah overheat akibat suhu mesin yang begitu panas. (Red)