Tumbangkan Prancis di Final, Lionel Messi Full Senyum: Kami Juara Dunia!

Piala Dunia
Lionel Messi sukses rengkuh gelar juara Piala Dunia. (Foto: REUTERS).

Pelatih Argentina Lionel Scaloni, pemain sayap Angel Di Maria, yang mencetak gol kedua Argentina, dan Martinez tak kuasa menahan air mata setelah peluit akhir, demikian AFP.

Sebelumnya, Argentina berhasil menjuarai Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis 4-2 lewat adu penalti setelah imbang 3-3 di Stadion Lusail, Doha, Minggu (18/12/2022) waktu setempat.

Baca Juga:  Bamsoet: ZEE Indonesia Mampu Wujudkan Poros Maritim Dunia

Pada waktu normal dan babak tambahan, gol Argentina diciptakan oleh Lionel Messi dari titik penalti pada menit ke-23 dan pada menit ke-108 serta Angel Di Maria pada menit ke-36. Sedangkan Prancis membuat tiga gol balasan lewat Kylian Mbappe pada menit ke-80 (P) dan ke-81, serta ke-118 (P), demikian laman resmi FIFA.

Baca Juga:  Tahun 2020 Status Desa Mandiri di Jawa Barat Bertambah Jadi Sebanyak 270

Setelah bermain imbang hingga akhir babak tambahan, Argentina memenangi babak adu penalti ketika keempat eksekutornya berhasil menjebol gawang Lloris, di saat Kingsley Coman mendapati tembakannya ditepis kiper Emiliano Martinez dan tendangan Aurelien Tchouameni melebar.

Baca Juga:  Kobaran Api Luluhlantakkan Satu Rumah Ditengah Lingkungan Padat Penduduk

Itu merupakan gelar ketiga Argentina di Piala Dunia setelah terakhir kali memenangi turnamen itu pada 1986. Kemenangan itu juga mewujudkan mimpi Lionel Messi di pentas tertinggi sepak bola pada apa yang kemungkinan menjadi Piala Dunia terakhirnya. (Red)