Warga Mengeluh Longsor, Dinas PUPR: Bukan Tanggung Jawab Pemkot Depok

JABARNEWS | DEPOK – Sudah hampir satu bulan Warga Perumahan Griya Lembah, Kota Depok, Jawa Barat mengalami bencana tanah longsor. Hingga saat ini, belum juga dilakukan perbaikan oleh Pemerintah Kota Depok.

Koordinator Lingkungan dan Keamanan Perumahan Perum Griya Lembah Depok RW 25, Amir mengaku kecewa, karena hingga sebulan terjadinya longsor dengan ketinggian sekitar 10 meter dan panjang 60 meter ini kondisinya sangat mengkhawatrikan karena turap yang menjadi pembatas perumahan tersebut sudah hancur akibat hujan yang terus menerus, sehingga menyisakan tanahnya yang sewaktu-waktu bisa longsor.

“Sudah sebulan longsor namun belum juga diperbaiki. Kami khawatir terjadi longsor susulan lagi yang bisa menimbulkan kerugian dan korban jiwa,” kata Amir di Depok, Rabu (5/2/2020).

Baca Juga:  Harga Sayuran Turun, Ini Kata Disdaging Kota Bandung

Apalagi tidak jauh dari lokasi tersebut ada beberapa rumah warga, dan akan tertimpa tanah longsor jika tidak diperbaiki segera.

Amir menjelaskan longsor yang terjadi di perumahan Griya Lembah Depok terjadi pada 1 Januari ketika itu hujan seharian tanpa henti akibatnya tebing pembatas perumahan ikut roboh.

“Batu-batu tebing yang hancur menutupi jalan sehingga warga tidak bisa melakukan aktivitas akibta tertutupnya jalan tersebut,” jelasnya.

Ketika itu lanjut dia keesokan harinya (2/1/2020) kembali terjadi longsor susulan yang mengakibatkan tertutupnya saluran drainase sehingga air meluap dan menyebabkan genangan air semata kaki.

Baca Juga:  Soal Kasus Penipuan Tiket Konser Coldplay, Polisi Minta Masyarakat Ambil Pelajaran

Pihak Kecamatan Sukmajaya dan Babinsa ketika itu baru turun tangan dan survei dan menurunkan alat berat untuk mengangkat puing puing berupa batu besar dan juga ranting ranting pohon besar.

Namun pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal hanya dikerjakan sehari saja, sehingga puing puing dan batu besar belum diangkat sampai saat ini. Alat berat yang sudah ada juga tidak digunakan lagi hingga dibawa kembali pada Rabu (29/1).

“Saya harap Pemkot Depok bisa segera memperbaiki turap yang roboh ini,” harapnya.

Baca Juga:  Kapolri Pastikan Beri Pengamanan Optimal di Perayaan Natal dan Tahun Baru

Menanggapai hal tersebut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Depok Dadan Rustandi mengatakan berdasarkan info dari Satgas PUPR yang di lapangan bahwa longsor tersebut akan diperbaiki sendiri yang punya tanah lokasi tersebut.

“Itu punya tanah perorangan jadi bukan tanggung jawab Pemkot,” jelasnya.

Tapi kata Dadan kalau tenaga bisa kita bantu ada Satgas yang siap membantu warga.

Dadan menjelaskan jika tanahnya dihibahkan ke Pemkot Depok dahulu, baru bisa kita usulkan untuk dapat kita kerjakan perbaikannya. (Ara)